Selisih 14 Menit, Pagi Ini Gempa Guncang Maluku dan Papua Barat

Ilustrasi gempa bumi. - IST/Liputan6.com
29 September 2019 06:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Gempa bumi magnitudo 3,0 melanda Kairatu, Seram Bagian Barat, Maluku, pada Minggu (29/9/2019) pagi, sekitar pukul 05.40 WIB.

Berdasarkan laman twitter BMKG yang dipantau di Jakarta, Minggu, pusat gempa berada pada 3,4 derajad Lintang Selatan-128,38 derajad Bujur Timur.

Gempa Bumi itu terjadi di bawah laut di kedalaman 10 kilometer dan terletak pada tujuh kilometer arah tenggara Kairatu.

Sebelumnya, BKMG juga mencatat terjadinya dua kali gempa bumi yang dirasakan di wilayah Maluku dan sekitarnya dalam delapan jam terakhir.

Gempa Bumi magnitudo 3,3 tercatat melanda Ambon, Maluku, pada Minggu dini hari, pukul 02.38 WIB.

Selain di Maluku, gempa bumi berkekuatan magnitude 3,7 juga mengguncang kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat pukul 05.54 WIT pagi ini, namun tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, gempa bumi tersebut terjadi pada koordinat 1.59 lintang selatan dan 134.28 bujur timur yang berjarak 84 km tenggara kabupaten Manokwari dengan kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme penyesaran normal.Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah kabupaten Manokwari dan getaran dirasakan.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : Antara