Lihat Situasi Indonesia, Nama Parade Tauhid Indonesia Berganti Jad i Mujahid 212

Ilustrasi - Antara
28 September 2019 14:57 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjjogja.com, JAKARTA – Parade Tauhid Indonesia 2019 berganti nama menjadi Aksi Mujahid 212 Selamatkan NKRI. Acara ini digelar Sabtu (28/9/2019).

Perkembangan situasi di Indonesia beberapa hari terakhir membuat penyelenggara mengganti tema. 

Ketua Panitia Aksi Mujahid, Edy Mulyadi mengatakan bahwa rute aksi dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka. Mujahid 212 ada diklaim ingin memberikan kontribusi maksimal untuk perubahan Indonesia manjadi lebih baik. 

Aksi Mujahid 212 memiliki empat alasan kenapa mereka ada. Pertama, karena demonstrasi mahasiswa beberapa hari lalu masih dihadapi oleh aparat dengan sikap represif. Bahkan, menimbulkan korban luka, hilang, dan ada yang meninggal dunia. 

“Kedua, munculnya aksi para pelajar sebagai sebuah fenomena yang sebelumnya tidak pernah terjadi dalam ekskalasi politik di negeri ini. Aksi yang berlangsung spontan dan tanpa komando yang jelas ini pun berakhir ricuh dan diamankannya ratusan pelajar oleh pihak aparat,” kata Edy melalui keterangannya.

Faktor selanjutnya jelas Edy yaitu kerusuhan di Wamena, Papua. Peristiwa itu memakan korban puluhan jiwa dan eksodus warga pendatang keluar dari wilayah tersebut.

Terakhir adanya bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tidak tertangani dengan cepat dan tepat oleh pemerintah. Akibatnya, ratusan ribu warga terkena pekatnya asap dan menderita sakit infeksi pernapasan. Bencana asap juga telah merenggut korban jiwa. 

“Berbagai kondisi ini menunjukkan negeri kita tidak dalam keadaan baik-baik saja. Ada yang salah dalam mengelola dan mengurus negara yang kita cintai ini. Singkat kata, pemerintah telah gagal,” jelasnya.