Advertisement

BMKG Tegaskan Isu Tsunami Ambon adalah Hoaks

Yodie Hardiyan
Sabtu, 28 September 2019 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BMKG Tegaskan Isu Tsunami Ambon adalah Hoaks Kepala BMKG Dwikorita Karnawati - bmkg.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Isu mengenai kemungkinan akan terjadinya gempa besar dan tsunami di Ambon, Teluk Piru, dan Saparua di Maluku adalah kabar bohong atau hoaks. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly mengatakan hasil pemantauan BMKG hingga hari Jumat (27/9/2019) pukul 10.00 terhadap gempa bumi Kairatu, Ambon, dan Haruku berkekuatan magnitudo 6,5 yang terjadi pada 26 September 2019 menunjukkan telah terjadi 264 kali gemoa dengan magnitudo terbesar magnitudo terbesar 5,6 dan terkecil 3.0.

Advertisement

“Secara statistik, frekuensi kejadian gempa cenderung semakin mengecil,” kata Sadly dalam keterangan tertulis seperti dikutip pada Sabtu (28/9/2019).

Menurutnya, hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat mengenai waktu, lokasi hingga skala kekuatannya. Dengan demikian, Sadly mengimbau supaya masyarakat tidak terpancing oleh isu atau berita bohong yang telah beredar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Terkait informasi gempa bumi dan tsunami, Sadly meminta masyarakat memastikan informasi tersebut hanya melalui sumber resmi BMG seperti akun @infoBMKG di Instagram dan Twitter, situs www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, aplikasi InfoBMKG atau WRS-BMKG dengan mengisi nama: pemda serta sandi: pemda-bmkg.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucap Sadly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement