Advertisement

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Kaimana

Newswire
Sabtu, 21 September 2019 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Kaimana Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, PAPUA - Gempa bumi dengan magnitudo 4,3 skala Richter mengguncang kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Sabtu pukul 03:29 WIT. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, gempa bumi tersebut terjadi pada koordinat 4.34 lintang selatan dan 134.05 bujur timur yang berjarak 80 km tenggara kabupaten Kaimana dengan kedalaman 10 km.

Advertisement

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme penyesaran normal.Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah kabupaten Kaimana dan getaran dirasakan.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement