Ada Penolakan Pimpinan KPK Terpilih, Begini Tanggapan Wapres JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memperhatikan motor listrik produksi salah satu produsen motor di Indo Trans Expo 2019 di Jakarta, Jumat (13/9/2019). - Setwapres
13 September 2019 12:57 WIB Anggara Pernando News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Sebanyak lima orang telah ditetapkan sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Jajaran pimpinan yang baru terpilih diharapkan bekerja dengan baik dalam memberantas korupsi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan masyarakat mengharapkan institusi yang dibentuk dari amanat Majelis Permusyawarahan Rakyat itu mampu memberantas korupsi di tanah air.

"Tentu harapannya agar bekerja dengan baik," kata Jusuf Kalla di JCC Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Mengenai penolakan sejumlah unsur di KPK dengan mengundurkan diri dari institusi antirasuah itu atas komposisi pimpinan yang baru, Wapres menyebut hal itu merupakan hak masing-masing individu.

Jusuf Kalla menyebutkan berdasarkan konstitusi, selama pemilihan oleh DPR dijalankan sesuai aturan dan konstitusi maka semua elemen bangsa harus dapat menerima keputusan itu.

"Yang berhak mengangkat dan memilih kan DPR, DPR dipilih oleh rakyat," kata JK.

Seperti diketahui, Komisi III DPR menetapkan Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK terpilih. Terpilihnya Firli sebagai ketua KPK direspons dengan pengunduran diri penasihat KPK Tsani Annafari.

Salah satu pimpinan KPK saat ini yakni Saut Situmorang juga dikabarkan mengundurkan diri. 

Sumber : Bisnis.com