Mengharukan, Ini Video Detik-detik Xanana Gusmao Memeluk dan Mencium Kening B.J. Habibie

mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, menjenguk dan mencium kening B.J. Habibie saat dirwat di RSPAD Gatot SUbroto. - Facebook @Alif Rafik Khan
13 September 2019 11:47 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebelum Presiden ketiga Ri, Baharuddin Jusuf Habibie tutup usia, mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, menjenguk dan mencium kening B.J. Habibie. Video saat peristiwa tersebut viral di media sosial.

Pertemuan keduanya terjadi di rumah sakit RSPAD Gatot Subroto pada Agustus 2019.

Dalam video tersebut, Habibie berbaring dan Xanana duduk di samping ranjang sambil menggenggam tangannya. Xanana lalu mencium kening Habibie. Xanana lalu meletakkan kepalanya di ranjang dan dipeluk erat oleh Habibie.

Seperti diketahui, Habibie menjabat sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998-20 Oktober 1999. Referendum Timor Leste terjadi pada Agustus 1999.

Pada awal menjabat sebagai presiden, Habibie menghendaki seluruh tahanan dikeluarkan termasuk tahanan politik. Xanana salah satu di antaranya.

Seperti dikutip dari Antara, Pemerintah Timor Leste menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia B.J. Habibie, seperti dimuat dalam laman resmi kantor berita Timor Leste, Tatoli, Kamis (12/9/2019).

"Hari ini, Dewan Menteri diminta oleh Kay Rala Xanana Gusmao mewakili Timor Leste untuk menyampaikan persetujuan atas pertimbangan bahwa Dewan Menteri berduka cita untuk keluarga Presiden Habibie," kata Presiden Dewan Menteri Hermenegildo Augusto Cabral Pereira, demikian bunyi pernyataan di laman tersebut.

Selain itu, Tatoli juga memuat sebuah tulisan pada tanggal yang sama dengan judul "Dalam Kenangan: Selamat Jalan B.J. Habibie".

Pada tulisan itu, disebutkan bahwa Perdana Menteri Xanana Gusmao mengirimkan karangan bunga ke rumah duka kediaman B.J. Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta.

Karangan bunga itu bertuliskan bahasa Inggris, yang diterjemahkan menjadi "Duka cita mendalam. Dengan simpati sepenuh hati atas kepergian saudaraku Presiden BJ Habibie. Masyarakat Timor akan mengingatmu selamanya. Beristirahatlah dengan tenang."

BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada usia 83 tahun.

Ia mengembuskan napas terakhirnya setelah dirawat secara intensif di RSPAD sejak 1 September 2019.

Video bersumber dari akun Facebook Alif Rafik Khan

Sumber : Bisnis.com