Advertisement

Jokowi Sebut Produksi Esemka Bakal Buka Lapangan Kerja

Yodie Hardiyan
Jum'at, 06 September 2019 - 21:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Sebut Produksi Esemka Bakal Buka Lapangan Kerja Mobil Esemka di pabriknya, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). JIBI/Bisnis - Chamdan Purwoko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Produksi mobil Esemka yang diproduksi oleh perusahaan swasta PT Solo Manufaktur Kreasi akan membuka banyak lapangan pekerjaan. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi ketika menyampaikan kata sambutan dalam acara peresmian pabrik dan peluncuran mobil Esemka di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Advertisement

Berdasarkan keterangan tertulis yang dirilis di laman Sekretariat Kabinet, produksi Esemka akan membuka banyak lapangan pekerjaan. Di samping itu, pabrik Esemka dianggap akan menghasilkan efek berganda terhadap perekonomian Boyolali.

“Saya tidak ingin memaksa pada bapak ibu dan saudara-saudara semuanya untuk beli, tapi kalau lihat produknya tadi saya sudah buka, sudah coba, sudah lihat, sudah tes memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangetan apalagi yang impor,” kata Presiden.

Jokowi mengatakan Esemka adalah merk dan principal Indonesia. Merk ini, menurutnya, telah dirintis sejak 10 tahun lalu oleh para teknisi, termasuk anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). “Ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semuanya,” katanya.

Jokowi mengaku senang karena banyak pemasok komponen mobil Esemka berasal dari dalam negeri kendati konten lokal diperkirakan belum mencapai 80%. Jokowi mengacungi jempol kepada PT Solo Manufaktur Kreasi.

“Tidak mudah, tidak gampang, masuk pasarnya ini juga tidak gampang dan tidak mudah. Tetapi kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan prinsipal kita sendiri ini akan laku,” ujarnya.

Jokowi juga mengaku banyak pihak yang bertanya kenapa dirinya bersedia meresmikan pabrik Esemka. Menurutnya, jawabannya adalah karena dirinya ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional, merk lokal dan merk nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Golkar Bantul Buka Pendaftaran Bursa Pilkada 22-24 April 2024

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement