Esemka Tipe Bima Dijual Rp110 Juta

Mobil Esemka di pabriknya, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). JIBI/Bisnis - Chamdan Purwoko
06 September 2019 15:07 WIB Chamdan Purwoko News Share :

Harianjogja.com, BOYOLALI - Harga mobil Esemka yakni Tipe Bima, yang diluncurkan hari ini, Jumat (6/9/2019) oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, diperkirakan dibanderol dengan harga sekitar Rp110 juta per unit.

Bocoran harga tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya di sela-sela peresmian pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi dan peluncuran produk perdana Esemka tersebut di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

"Saya dapat informasi harganya sekitar Rp110 jutaan. Ini harga yang cukup kompetitif," ujar Budi Karya.

Model Bima telah lulus uji tipe di Kementerian Perhubungan dan merupakan produk pertama buatan PT Solo Manufaktur Kreasi yang diproduksi massal. Model ini diproduksi dalam dua varian yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. 

Pabrik mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali Jawa Tengah. JIBI/Bisnis/Chamdan Purwoko

Menurut Menhub, sampai saat ini terdapat 12 model mobil Esemka yang telah lulus uji tipe di Kementerian Perhubungan. 

"Namun, untuk saat ini baru satu model yang diproduksi secara massal," katanya di tempat yang sama.

Menurut rencana hari ini akan diluncurkan model mobil Esemka yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Peluncuran akan dilakukan oleh Presiden Jokowi sekaligus peresmian pabrik, yang berlokasi di Desa Sambi, Boyolali.

Hadir pada acara tersebut antara lain: Menperin Airlangga Hartarto, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menhub Budi Karya Sumadi.

 

Sumber : Bisnis.com