Luhut Binsar Usul APBN Dipakai Beli Motor Listrik untuk PNS

Presiden Joko Widodo mengenakan helm sebelum menjajal motor listrik buatan dalam negeri Gesits seusai audiensi dengan pihak-pihak yang terkait produksi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018)./JIBI-Antara - Wahyu Putro A
13 Agustus 2019 22:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Motor listrik ke depannya diusulkan digunakan oleh PNS.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan wacana ke Presiden Joko Widodo untuk pengadaan kendaraan yang digunakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa menggunakan motor listrik, Gesits. Hal itu, untuk mendukung keberlangsungan motor listrik karya anak bangsa.

"Saya lapor Presiden, agar tahun depan APBN misalnya untuk beli sepeda motor atau mobil, kita wajib kan saja motor listrik buatan Indonesia, Gesits atau apalah," ujar dia di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Dia menuturkan, pihaknya mendorong penggunaan teknologi karya anak bangsa lainnya sebagai dukungan terhadap produksi dalam negeri.

"Kita ingin mendorong karya anak bangsa. Kalau kita tak mulai begitu, kapan lagi," ungkap dia.

Gesits sendiri merupakan singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Harga jual sepeda motor listrik ini berkisar di angka Rp 24 juta.

Sebelumnya, PT Gesits Technologies Indo (GTI) selaku produsen motor listrik Gesits akhirnya membuka informasi peluncuran pasti motor listrik karya anak bangsa yang sebelumnya terus tertunda.

Pameran automotif terbesar dengan standar international akan dimanfaatkan PT GTI sebagai momentum peluncurannya di Indonesia. Kepastian tersebut juga diungkap Harun Sjech, Direktur Utama PT GTI yang menyebut peluncuran akan dilakukan besok.

"Kita akan luncurkan motor listrik kebanggaan Indonesia besok, di acara pameran automotif yang akan berlangsung di Jakarta," ujar Harun.

Sumber : Okezone.com