Advertisement

Kabut Asap Sebabkan Ribuan Warga Riau Terserang ISPA

Newswire
Rabu, 07 Agustus 2019 - 12:17 WIB
Bhekti Suryani
Kabut Asap Sebabkan Ribuan Warga Riau Terserang ISPA Sebuah pesawat take-off dari landasan pacu Bandara Polonia yang diselimuti kabut asap di Medan, Sumatra Utara, Selasa (15/02). Bandara tersebut terpaksa menyalakan lampu di sepanjang landasan pada siang hari karena kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan di Riau. - Bisnis/Andi Rambe

Advertisement

Harianjogja.com, PEKANBARU- Dampak kebakaran hutan telah mengancam kesehatan ribuan warga Riau.

Sebanyak 1.136 warga Kota Pekanbaru sudah terserang Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) diduga akibat terpapar asap kebakaran lahan dan hutan di sejumlah wilayah di Riau.

Advertisement

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru meminta seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat untuk siaga melayani warga yang terserang penyakit akibat dampak asap tersebut.

"Kami sudah kumpulkan seluruh kepala puskesmas di Kota Pekanbaru untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat, baik itu balita, ibu hamil dan lansia yang terkena dampak kabut asap," kata Plt Kadiskes Pekanbaru Muhammad Amin, di Pekanbaru, Rabu (7/8/2019).

Muhammad Amin, meminta petugas puskesmas untuk memaksimalkan pelayanan bagi warga yang terserang ISPA.

"Kami juga meminta agar penderita ISPA betul-betul tertangani dengan baik," ujarnya.

Menurut dia hingga Selasa (6/8/2019) pagi, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengungkapkan setidaknya 1.136 warganya terserang infeksi saluran pernapasan dampak kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi di sejumlah kawasan di Riau. Lebih separuhnya dari mereka adalah usia produktif yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

Untuk itu, kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru diimbau untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat yang terkena ISPA tersebut.

Bahkan, lanjut Muhammad Amin, Diskes juga sudah menghimbau kepada pihak petugas puskesmas, termasuk puskesmas rawat jalan, agar memanfaatkan ruang IGD untuk tempat evakuasi warga yang terkena ISPA.

"Walau kami belum terima laporan terkait pasien ISPA yang dirawat," ujarnya.

Selain itu, Muhammad Amin juga terus mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau terpaksa ke luar rumah hendaknya menggunakan masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Wacana Pilihan Lurah di Gunungkidul Tahun Depan Digelar Dua Kali

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement