Advertisement

Pemadaman Dipastikan Bukan Berasal dari Pembangkit Swasta

Ni Putu Eka Wiratmini
Senin, 05 Agustus 2019 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Pemadaman Dipastikan Bukan Berasal dari Pembangkit Swasta Karyawan beraktivitas di Unit Pembangkit (UP) Muara Karang, di Jakarta, Rabu (31/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Mati listrik di daerah Jakarta dan sekitarnya dipastikan bukan berasal dari pembangkit listrik swasta. Hal itu ditegaskan asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI).

Ketua Umum APLSI Arthur Simatupang mengatakan seluruh pembangkit milik produsen listrik swasta (independent power producer/IPP) di Pulau Jawa beroperasi seperti biasa sehingga pasokan listrik ke sistem distribusi dan transmisi PT PLN (Persero) tetap terjamin dengan baik. Selama ini, pasokan listrik di Jawa bagian barat berasal dari tiga pembangkit, yakni pembangkit di Suralaya, Cilegon, dan Muara Karang ditambah dari pembangkit di timur Jawa. 

Advertisement

“Jadi, kami klarifikasi bahwa penyebab pemadaman bukan dari pembangkit milik swasta,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Senin (5/8/2019). 

Arthur mengatakan sebagai mitra strategis pemerintah, APLSI siap membantu PLN bila diperlukan untuk berpartisipasi dalam mendukung pemerintah memperbaiki sistem transmisi dan distribusi kelistrikan nasional. 

Menurut Arthur, dalam sistem transmisi dan distribusi kelistrikan nasional, ada dua hal yang perlu dicermati untuk memperkuat kehandalan, yaitu modernisasi sistem dan pemeliharaan. 

“Sistem transmisi tersebut perlu dijaga untuk menjamin investasi di kelistrikan. Sebagai mitra dari PLN, kita siap bekerjasama ikut meningkatkan keandalan sistem transmisi agar kejadian kemarin tidak terulang kembali," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement