Advertisement

Ini Fakta Makkah yang Belum Banyak Diketahui

Newswire
Sabtu, 27 Juli 2019 - 07:37 WIB
Sunartono
Ini Fakta Makkah yang Belum Banyak Diketahui Jamaah haji melakukan shalat Jumat di Masjidil Haram dibawah suhu lebih dari 40 derajat celcius di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (12/7/2019). Jamaah mulai berdatangan dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah Haji 1440 Hijriah. - ANTARA FOTO/Hanni Sofia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Makkah merupakan kota yang menjadi kiblat umat Muslim dalam mendirikan salat. Kota itu merupakan kota suci hingga pada waktunya, Dajjal pun tidak bisa menginjakan kakinya.

Tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya umat Islam di seluruh dunia, Makkah memiliki fakta-fakta lain yang jarang diketahui banyak orang. Berikut faktanya yang dilansir dari About Islam :

Advertisement

1. Kota tertua

Makkah merupakan salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia. hal tersebut dapat di lihat dari sumur Zamzam, yang diyakini sudah berdiri pada 2400 SM.

2. Tidak pernah jadi ibu kota mana pun

Dalam sejarahnya, kota itu tidak pernah menjadi ibu kota kerajaan Islam mana pun. Tetapi para penguasa Muslim secara teratur berkontribusi pada pemeliharaannya.

3. Tidak semua termasuk tanah haram

Makkah merupakan kota yang mempunyai julukan Tanah Haram. Namun ternyata, tidak semua kota di sana termasuk dalam kawasan Tanah Haram. Ada banyak lingkungan kota, seperti Sharaya, yang berada di luar batas haram

4. Dahulu disebut Bakkah

Kota Mekah dahulu disebut Bakkah. Namun demikian, beberapa sarjana berpendapat bahwa Bakkah hanya merujuk pada Kakbah dan daerah sekitarnya.

5. Juga disebut Umm Al Qura

Selain Bakkah yang disebut dalam Alquran, Makkah juga disebut sebagai Umm Al Qura. Dalam bahasa arab, Umm Al Qura memiliki arti bunda semua pemukiman.

6. Makkah al Mukarramah

Bakkah dan Umm Al Qura merupakan sebutan yang Allah berikan dalam Alquran. Namun saat ini Makkah disebut dengan Makkah al Mukarramah. Secara harfiah, Makkah al Mukarramah memiliki arti Makkah yang Terhormat.

7. Kota Nabi selain Madinah

Madinah merupakan kota yang dikenal sebagai kota Nabi Muhammad. Namun pada sejarahnya, Nabi menghabiskan sebagian besar hidupnya di Makkah. Sekitar 50 tahun, Nabi hidup di Makkah.

8. Populasinya dapat meningkat signifikan

Makkah merupakan kota dengan populasi sekitar 1,5 sampai 2 juta jiwa. Namun hal ini berubah drastis ketika musim haji tiba. Pada musim haji, bertambah hingga mendekati 4,5 juta jiwa.

9. Kota dengan jumlah wisatawan terbanyak

Arab saudi menerima jumlah wisatawan terbanyak di Timur Tengah. Ini disebabkan, sebagian besar oleh jutaan peziarah yang membanjiri Kota Makkah dan Madinah.

10. Memiliki tanah yang lebih rendah dari kota lainnya

Pusat Kota Makkah berada di daerah Masjid Al Haram, tempat ini lebih rendah dari sebagian besar kota lainnya. Hal ini yang membuatnya rentan terhadap banjir bandang di masa lalu.

11. Hajar aswad tidak selalu di Makkah

Seperti yang kita ketahui, Hajar Aswad merupakan batu yang berada di sisi Kakbah. Namun batu tersebut sebenarnya tidak selalu di situ, pada 930 M, batu itu pernah dicuri oleh orang-orang Qarmatian, dan dibawanya bersama Arab Timur.

12. Mempunyai Konstruksi bangunan paling mahal

Surat kabar Inggris The Telegraph mencantumkan Masjid Al Haram sebagai bangunan paling mahal di dunia. Total biaya Konstruksi itu mencapai 100 miliar Dolar AS.

13. Memiliki menara jam tertinggi di dunia

Abrah Al Bait saat ini termasuk dalam catatan menara jam tertinggi dan permukaan jam terbesar di dunia. Selain itu, bangunan ini juga menjadi bangunan nomor 2 dalam daftar bangunan paling mahal, setelah Masjidil Haram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement