Advertisement

Ribuan Benih Lobster Dilepas di Pangandaran

Newswire
Sabtu, 13 Juli 2019 - 21:47 WIB
Sunartono
Ribuan Benih Lobster Dilepas di Pangandaran Bayi lobster. - HarianJogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, PANGANDARAN--Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bandung melepasliarkan 95.245 benih lobster jenis pasir dan mutiara di Perairan Karang Luhur, Pantai Barat, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu, untuk menjaga kelestarian habitat laut Indonesia.

Kepala BKIPM Bandung Deddy Arief mengatakan, puluhan ribu benih lobster berjenis pasir dan mutiara itu hasil sitaan BKIPM kerja sama dengan Polda Jambi dari penyelundup di wilayah Jambi.

Advertisement

Benih lobster hasil sitaan itu, kata dia, tidak hanya dilepasliarkan di Pangandaran, tetapi ke daerah lain yakni Karimun Jawa, Nusa Penida, Padang, dan Cilacap. "Benih lobster itu akan diselundupkan ke Singapura," kata Deddy.

Ia menuturkan, penyelundup itu rencananya akan membawa lobster ilegal ke Singapura, kemudian akan disalurkan kembali ke Vietnam menggunakan speedboat.

Namun operasi mereka, kata dia, berhasil digagalkan saat pelaku hendak mengangkut lobster melalui jalur sungai untuk menuju laut. "Sebelum mencapai laut para penyelundup itu berhasil ditangkap," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini penyelundupan benih lobster sedang marak dilakukan melalui jalur laut, termasuk lewat bandar udara. "Lewat bandara masih ada, tetapi enggak marak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement