Advertisement

Tiba di Mekkah, 370 Petugas Haji Langsung Siapkan Keperluan Para Jemaah

Newswire
Rabu, 10 Juli 2019 - 12:57 WIB
Nina Atmasari
Tiba di Mekkah, 370 Petugas Haji Langsung Siapkan Keperluan Para Jemaah Ilustrasi ibadah haji dan umrah. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, MEKKAH-- Petugas haji yang berjumlah 370 orang yang ditugaskan di Daerah Kerja Mekkah, Arab Saudi, telah tiba di Tanah Suci dan langsung menjalankan tugas menyiapkan segala keperluan jemaah haji.

Para petugas, yang tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Selasa (9/7/2019) sekitar pukul 17.00 waktu setempat, bekerja menyiapkan fasilitas pendukung jemaah haji di tujuh zona pemondokan di Mekkah mulai Rabu.

Advertisement

Pada Rabu (10/7/2019), sebanyak 210 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Mekkah lain diberangkatkan ke Tanah Suci dari Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Dengan demikian, total ada hampir 600 petugas haji Daker Mekkah yang akan mengemban amanat pelayanan, perlindungan, dan pembinaan kepada calon jemaah haji yang akan menjalankan rangkaian ibadah haji di Kota Mekkah.

Petugas haji Daker Mekkah gelombang pertama yang sampai di Arab Saudi pada Selasa (9/7/2019), setibanya di Bandara Jeddah langsung berniat ihram dan bersiap menunaikan ibadah umrah.

Di sela tugas dan kewajiban menjadi pelayan tamu Allah, para petugas haji mendapatkan kesempatan untuk menunaikan rukun Islam kelima, menunaikan ibadah haji.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag dalam acara Pelepasan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1440 H/2019 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta pada 9 Juli berpesan kepada para petugas haji agar menjaga kesehatan.

"Pesan khusus yang pertama adalah jaga kesehatan karena tugas ini terasa berat kalau tidak didukung dengan kesehatan yang prima karena itu jaga kesehatan sebagai prioritas utama," katanya.

Ia juga meminta para petugas haji menjaga hati selama melayani jamaah, dan menjaga nama baik Indonesia.

"Kita adalah duta bangsa yang ada di Tanah Suci karena itu segala perilaku tindakan akhlak harus sesuai dengan perilaku, dengan koridor tradisi yang berkembang di Tanah Air," kata Nizar.

Sekitar 600-an petugas haji di Daker Mekkah akan bertugas melayani jemaah haji Indonesia di Tanah Suci selama 62 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement