Kapal Spionase China Merangsek ke Lokasi Latihan Militer Australia-AS

Kepulauan Spratly di Laut China Selatan - Istimewa
08 Juli 2019 13:27 WIB Denis Riantiza Meilanova News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pasukan Pertahanan Australia mendeteksi sebuah kapal pengintai China mendekat ke wilayah perairan yang menjadi lokasi latihan militer gabungan Australia dan Amerika Serikat (AS).

Kepala Operasi Gabungan Pasukan Pertahanan Letnan Jenderal Greg Bilton mengatakan, kapal mata-mata China tersebut kemungkinan menuju ke pantai timur laut Australia untuk melihat latihan militer secara langsung.

Sekitar 25.000 personel militer Australia dan AS akan berpartisipasi dalam permainan perang dua tahunan, Talisman Sabre, pada bulan depan.

"Kami melacaknya. Kami belum tahu tujuannya, tetapi kami menduga akan menuju ke pantai timur Queensland dan kami akan mengambil tindakan yang tepat, ”kata Bilton dikutip dari Reuters, Senin (8/7/2019).

Hubungan antara Amerika Serikat dan Cina telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir di tengah perang dagang dan sikap tegas China di Pasifik dengan membuat pulau buatan di wilayah yang menjadi sengketa di Laut China Selatan.

Australia dan China juga bersaing memperebutkan pengaruh di Pasifik Selatan, sebuah wilayah berpenduduk jarang yang mengendalikan sebagian besar kekayaan sumber daya laut.

Adapun berita tentang kapal pengintai  CHina  yang mendekati Australia ini menyusul tiga kapal China yang datang tanpa pemberitahuan di Sydney pada bulan lalu.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia