Advertisement

Dituding Gunakan Dana Parpol untuk Kepentingan Pribadi, Ketua DPD Golkar Kota Cirebon Dipecat

Wisnu Wage Pamungkas
Minggu, 07 Juli 2019 - 08:27 WIB
Sunartono
Dituding Gunakan Dana Parpol untuk Kepentingan Pribadi, Ketua DPD Golkar Kota Cirebon Dipecat Dedi Mulyadi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG—Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Provinsi Jawa Barat mencopot Toto Sunarto dari jabatan Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon. Toto diduga melakukan sejumlah pelanggaran.

Pencopotan tersebut mengacu pada Surat Keputusan DPD Partai Golkar Jabar NOMOR : KEP- 116 /GOLKAR/VII/2019 tentang Pembentukan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Golkar Kota Cirebon.

Advertisement

Ketua DPD Golkar Provinsi Jabar Dedi Mulyadi mengatakan, ada tiga alasan pemecatan Toto. Salah satunya, Toto diduga tidak dapat mempertanggungjawabkan dana partai politik 2018.

 "Dana itu tidak digunakan untuk kepentingan partai menurut laporan bendahara Golkar Kota Cirebon. Dana tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi," kata Dedi dalam rilis yang diterima Bisnis, Sabtu (6/7/2019).

Selain itu, lanjut Dedi, alasan lainnya adalah dana saksi yang tidak seluruhnya dipakai. Imbasnya, pada Pemilu 2019 kemarin beberapa dapil tidak memiliki saksi.

"Ketiga adalah pengelolaan organisasi yang buruk. Partai porak poranda," kata Dedi. 

Hal tersebut, dikatakan Dedi, muncul berdasarkan laporan dari pimpinan Golkar kecamatan di Kota Cirebon yang berjumlah lima kecamatan. Laporan tersebut disampaikan pada 18 Juni 2019, lantas diverifikasi oleh tim investigasi DPD Golkar Jabar. 

"Kita turunkan tim investigasi, dan tim melaporkan bahwa apa yang disampaikan pimpinan Golkar kecamatan itu diduga mendekati kebenaran. Kita berhentikan [ketua DPD Golkar Kota Cirebon] untuk menjaga marwah partai," papar Dedi.

Sebagai pengganti Toto, DPD Golkar Jabar menunjuk Lili Eliyah sebagai Plt Ketua DPD Golkar Kota Cirebon. Lili menjabat pelaksana tugas terhtung sejak 1 Juli 2019.

Berdasarkan SK, ditetapkan Plt ketua DPD Golkar Kota Cirebon masa bhakti 2016-2020.

SK juga mencabut Surat Keputusan DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat Nomor : KEP-43/GOLKAR/XII/2016 tanggal 21 Desember 2016 tentang Pengesahan Komposisi dan Personalia Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya Kota Cirebon masa bakti 2016 – 2020.

Lili Eliyah diangkat sebagai pelaksana tugas Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon dengan komposisi dan personalia kepengurusan DPD Partai Golkar Kota Cirebon masa bakti 2016 – 2020.

Saat berita ini dibuat, belum ada penjelasan dari pihak Toto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement