PSI Desak DPRD DKI Segera Tegaskan Sikap Soal Wagub

DPRD DKI - beritajakarta.com
05 Juli 2019 02:57 WIB Aziz Rahardyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPW Jakarta meminta DPRD DKI Jakarta menegaskan sikap soal pemilihan wakil gubernur, di sisa masa jabatan mereka yang akan berakhir sekitar dua bulan lagi.

Ketua DPW PSI Jakarta Michael V Sianipar menjelaskan alasannya, yaitu DPRD DKI Jakarta masih berkutat dengan draf tata tertib (tatib) pemilihan wagub tersebut.

"Waktunya sebentar, tapi tatibnya saja belum ada. Kita memang mau secepatnya punya wakil gubernur, tetapi kita juga tidak mau kalau proses pemilihannya tidak akuntabel," ungkap Michael di kantor DPP PSI, Kamis (4/7/2019).

Oleh sebab itu, Michael menyarankan DPRD mengambil posisi yang jelas, apakah ingin menyelesaikannya secepat mungkin, atau menundanya sekalian sampai DPRD selanjutnya dilantik pada Oktober 2019.

Michael menegaskan, apabila PSI telah masuk ke fraksi DPRD, PSI akan membuat proses pemilihan wagub ini transparan, seperti menggelar pemaparan satu arah, siaran langsung saat menilai kandidat, atau debat terbuka, agar masyarakat DKI Jakarta bisa melihat sendiri kapasitas para kandidat.

"Tinggal nanti kembali lagi ke bagaimana mekanisme fraksi partai politik di DPRD sebagai penentu, punya mekanisme tersendiri menampung aspirasi masyarakat," ungkapnya.

Seperti diketahui, kedua nama calon wagub yang telah terungkap, yakni Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat sekaligus mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Agung Yulianto.

Dalam rangka melaksanakan pemilihan ini, DPRD DKI Jakarta telah membentuk panitia khusus (pansus) yang bertugas untuk membentuk tata tertib pemilihan wakil gubernur. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia