Tak Ucapkan Selamat kepada Jokowi-Ma'ruf, Sandiaga Sebut Ucapan Selamat Bukan Budaya Indonesia

Sandiaga Uno - Antara/Wahyu Putro
30 Juni 2019 22:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto belum juga mengucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Menurut Sandiaga, ucapan selamat adalah tradisi barat.

“Kami sudah menghormati putusan MK kemarin dan ini sudah tingkatan yang paling tinggi karena kami menghormati prosesnya dan selamat-selamat itu kan kayak budaya barat,” ucap Sandiaga di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).

Kendati pilihanya untuk tidak memberikan selamat, Sandiaga berujar bahwa hubungan antara ia dengan Jokowi - Maruf Amin tidak ada masala.

“Kalau kita mau [ucapkan] selamat, selamat apa? Selamat kerja? selamat menempuh hidup baru? Ini budaya-budaya yang bukan keindonesiaan menurut saya. Kita sudah menghormati dan memberikan kesempatan itu. Sudah jauh lebih tinggi makamnya,” kata Sandiaga.

Sandiaga juga tak menghadiri rapat pleno penetap presiden dan wakil presiden terpilih oleh KPU. Sandiaga beralasan, ketidakhadirannya bersama Prabowo ke KPU ialah untuk memberi kesempatan kepada Jokowi - Maruf Amin dan para pendukungnya yang telah dimenangkan oleh Mahkamah Konstitusi dalam sengekta Pilpres 2019.

“Tentunya kami ingin memberikan kesempatan kepada yang kemarin dimenangkan oleh MK untuk hadir dan memberikan kesempatan juga untuk para pendukungnya,” ujar Sandiaga.

Sumber : Suara.com