Puan Maharani Siap Jadi Ketua DPR jika Disetujui Ibu

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. - Dok.Kemenko PMK
25 Juni 2019 14:37 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Peluang PDI Perjuangan (PDIP) duduki jabatan sebagai ketua DPR memang besar. Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengatakan siap menduduki jabatan itu menggantikan Bambang Soesatyo karena sesuai undang-undang MD3.

“Kursi Ketua DPR memang akan menjadi milik PDI-P sebagai pemenang pemilu. Sesuai dengan proses pemilu yang lalu juga saya bisa kemudian mendapatkan suara terbanyak nasional,” ujar Puan, Selasa (25/6/2019). 

Hanya saja, Puan tidak mau berspekluasi karena masih harus mendapatkan persetujuan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang tidak lain adalah ibundanya sendiri.

“Ya mungkin bisa jadi salah satu calon yang kuat. Baru salah satu calon yang kuat karena keputusannya akan diputuskan oleh Ibu Ketum [Megawati)]" kata Puan di Kompleks Parlemen.

Puan mengaku belum ada pembicaraan di internal partainya terkait penugasan pada posisi tertentu, termasuk untuk posisi ketua DPR. Namun, dirinya sangat siap jika diposisikan sebagai Ketua DPR RI.

"Belum tahu juga masih nunggu September. Ya oke ya," tegasnya.

Sebelumnya, nama Puan disebut-sebut menjadi kandidat Ketua DPR periode 2019-2024. Namun Puan mengaku dirinya masih fokus menjalankan tugas sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

"Saya masih fokus jadi Menko PMK Insyaallah sampai akhir masa jabatan,” ujarnya.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah juga mengatakan bahwa Puan adalah sosok paling berpeluang menjadi Ketua DPR RI.

Basarah mengatakan Puan berpengalaman di eksekutif sebagai Menteri Koordinator Bidang PMK. Sedangkan pengalaman di legislatif, Puan menjabat Ketua Fraksi PDIP di DPR RI periode 2009-2014 selain sudah tiga periode menjadi pengurus DPP PDIP.

 

Sumber : bisnis.com