Advertisement

10 Kepala Negara ASEAN Sepakati Adopsi Outlook Asean tentang Indo-Pasifik

Newswire
Minggu, 23 Juni 2019 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
10 Kepala Negara ASEAN Sepakati Adopsi Outlook Asean tentang Indo-Pasifik Ilustrasi ASEAN. - ASEAN

Advertisement

Harianjogja.com, BANGKOK--Keputusan untuk mengadopsi Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik telah disetujui sepuluh kepala negara/pemerintahan ASEAN.

"Tadi malam para menteri luar negeri membahas tersebut dan alhamdulillah Outlook ASEAN mengenai Indo Pasifik telah diadopsi oleh para pemimpin ASEAN. Sekali lagi Alhamdulillah ASEAN telah menyetujui Outlook Indo-Pasifik yang diinisiasi oleh Indonesia," ujar Menteri luar Negeri Retno LP Marsudi di sela-sela KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6/2019). 

Menteri Retno mengatakan ada lima hal utama terkait kesepakatan Indo-Pasifik.

Pertama, lanjut dia, mengenai latar belakang dan alasan kenapa diperlukan sebuah Outlook (wawasan) mengenai Indo-Pasifik.

Poin kedua yaitu mengenai "key elements". Elemen-elemen yang paling penting di dalam "outlook" tersebut

"Ketiga, adalah tujuan. Tujuan dari outlook itu apa disebutkan. Keempat mengenai prinsip-prinsip yang dicantumkan di dalam outlook itu. Kelima adalah areas cooperation, area kerjasama," ujar Menlu.

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya ASEAN untuk memiliki outlook (wawasan) mengenai masalah Indo Pasifik.
Di dalam sesi Pleno KTT ASEAN ke-34, presiden menyatakan menjadi penting artinya ASEAN memiliki outlook mengenai masalah Indo Pasifik di tengah situasi ketidakpastian global ini," ujar Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di sela-sela KTT ASEAN ke-34, Bangkok, Thailand, Minggu.

Outlook atau wawasan ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati perdamaian, budaya dialog, dan juga memperkokoh kerja sama.

Selain itu, Indonesia menyampaikan terima kasih atas dukungan dari negara anggota ASEAN di dalam bersama-sama mengembangkan konsep Outlook ASEAN Indo Pasifik.

"Presiden Jokowi mengatakan sekitar setahun yang lalu Indonesia mulai mempresentasikan konsep Indo Pasifik ASEAN ini," ujar Menlu.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Rinding Gumbeng Asal Gunungkidul akan Pentas di Istana Negara

Gunungkidul
| Rabu, 10 Agustus 2022, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement