Advertisement

PBB Minta Uni Eropa Pangkas 55% Emisi Gas Rumah Kaca

Annisa Margrit
Minggu, 16 Juni 2019 - 13:17 WIB
Sunartono
PBB Minta Uni Eropa Pangkas 55% Emisi Gas Rumah Kaca Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- PBB telah meminta Uni Eropa (UE) untuk meningkatkan target pemangkasan emisi gas rumah kaca menjadi 55% pada 2030, di atas target semula yang sebesar 40 persen.
 
Reuters melansir Minggu (16/6/2019), dalam surat yang dikirim Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres kepada Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, disebutkan bahwa UE sebagai blok ekonomi terbesar dunia harus memberikan contoh bagaimana menghindari efek terburuk pemanasan global serta membatasi kenaikan suhu hingga 1,5 derajat Celcius.
 
"Saya mengandalkan Anda, sekali lagi, untuk menunjukkan kepemimpinan UE," ujar Guterres, dalam surat tertanggal 23 Mei 2019.
 
Target pemangkasan hingga 55% dinilai dapat memberikan pesan yang kuat kepada negara-negara lain. 
 
Pekan depan, seluruh 28 pemimpin negara UE akan berkumpul dalam pertemuan terakhir sebelum pertemuan PBB terkait iklim global pada September 2019.
 
Guterres juga meminta para pemimpin negara untuk memangkas pembakaran batu bara dan tak lagi memberikan izin untuk pembangkit listrik batu bara baru setelah 2020.
 
Pada Mei 2019, PBB merilis laporan tentang ancaman punahnya 1 juta spesies tumbuhan dan hewan di seluruh dunia. Menurut laporan yang disusun oleh Intergovernmental Science-Policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Services, sebuah panel PBB yang beranggotakan 132 negara, punahnya tumbuhan dan hewan akan berpengaruh terhadap aktivitas manusia termasuk dalam hal keamanan pangan serta ketersediaan air bersih dan kesehatan manusia.
 
Laporan ini merupakan hasil riset hampir 150 peneliti dari 50 negara selama tiga tahun.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Sleman Didugat oleh Vendor Snack KPPS yang Sempat Viral

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement