Baca Syahadat Dibimbing Ma'ruf Amin, Presenter Tio Nugroho Masuk Islam

Tio Nugroho mencium tangan Maruf Amin. - Twitter/@t10nugroho
03 Juni 2019 14:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Menjelang lebaran, Presenter olahraga, Imanuel Bagus Aditio Nugroho alias Tio Nugroho mendapat hidayah dan memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Ada Mustasyar PBNU KH Maruf Amin yang membimbing prosesi masuk Islam Tio Nugroho. Dua kalimat syahadat diucapkan di kediaman Maruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019) sore.

Saat menuntun pembacaan syahadat, Maruf Amin sebelumnya memastikan bahwa Tio melakukan prosesi ini dengan kesadaran penuh dan atas kemauan sendiri.

"Apakah [Saudara] siap mengucapkan kalimat syahadat untuk masuk Islam?" tanya Maruf Amin seperti dikutip SUARA.com dari situs NU.or.id, Senin (3/6/2019).

Dalam posisi berjabat tangan dengan Maruf Amin, Tio Nugroho pun tak ragu untuk menjawab "siap" sembari menganggukkan kepala.

Maruf Amin lantas bertanya perihal apakah ada keterpaksaan atau tekanan dalam keputusannya jadi mualaf. Tio menjawab dengan tegas "tidak ada".

"Alhamdulillah," ucap Rais Aam PBNU periode 2015-2018 tersebut.

Selanjutnya, Maruf Amin membimbing Tio mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat sepotong demi sepotong, berikut terjemahannya.

Selepas pembacaan dua kalimat syahadat, Tio mencium tangan Maruf Amin hingga beberapa detik. Maruf Amin lalu memungkasi prosesi masuk Islam ini dengan memanjatkan doa.

Tampak Tio sesenggukkan dan berkali-kali menyeka air matanya. Tio terpanggil masuk Islam lantaran merinding mendengar kumandang azan pada suatu subuh sepulang kerja.

Mendengar cerita tersebut, Maruf Amin mengaku berbahagia. Menurutnya, ini merupakan hidayah dari Allah kepada hamba-Nya.