H-5 Lebaran, 55.400 Kendaraan Masuk Kartasura Sukoharjo

Arus lalu lintas di sekitar Simpang Empat Kartasura, Sukoharjo, ramai lancar pada H-4 Lebaran, Sabtu (1/6 - 2019). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)
01 Juni 2019 20:27 WIB R Bony Eko Wicaksono News Share :

Harianjogja.com, SUKOHARJO -- Volume kendaraan bermotor yang masuk wilayah Sukoharjo di Bundaran Kartasura pada H-5 Lebaran, Sabtu (1/6/2019), meningkat 37,57% atau sekitar 55.415 unit dibandingkan hari biasa sebanyak 42.922 unit. Puncak arus mudik diprediksi pada H-3 Lebaran seiring para pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai kantoran mulai libur Lebaran.

Pantauan solopos.com, Sabtu, kondisi arus lalu lintas dari arah Jogja ke Solo ramai lancar. Sementara arus lalu lintas dari arah Solo-Jogja cukup lancar. Mobil pribadi berpelat B, D, serta A mendominasi arus lalu lintas yang melewati Bunderan Kartasura menuju arah Solo dan Jawa Timur.

Sebagian bus yang mengangkut para pemudik juga berseliweran di jalur arus mudik dan balik Lebaran.

Sejumlah polisi lalu lintas terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas di Simpang Empat Kartasura dan Bundaran Kartasura. Mereka dibantu sejumlah anggota pramuka yang disebar di jalur tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Terminal Bidang Lalu Lintas Dishub Sukoharjo, Marjono, mengatakan jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Sukoharjo dihitung menggunakan alat khusus di sekitar Bundaran Kartasura.

“Ada peningkatan kendaraan yang melewati Bundaran Kartasura yang cukup signifikan pada H-5 Lebaran. Angka itu [jumlah kendaraan masuk Sukoharjo] diprediksi bakal bertambah pada Minggu (2/6/2019),” kata dia, saat berbincang dengan JIBI/Solopos Sabtu.

Marjono merinci jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke Sukoharjo didominasi kendaraan pribadi baik mobil dan sepeda motor sekitar 72%. Sementara kendaraan barang sekitar 20 persen dan bus sekitar tujuh persen.

“Peningkatan kendaraan bermotor terjadi pada pukul 16.00 WIB-17.00 WIB dan 18.15 WIB-19.15 WIB,” tutur dia.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Zamroni, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, mengatakan selain Bundaran Kartasura, petugas bakal disiagakan di jalur Solo-Sukoharjo terutama Simpang Empat Jln. Ciu, Simpang Empat Jlopo dan Simpang Empat Bulakrejo.

Sumber : Solopos.com