Advertisement

Narendra Modi Kembali Dilantik Jadi PM India

Annisa Margrit
Jum'at, 31 Mei 2019 - 03:57 WIB
Budi Cahyana
Narendra Modi Kembali Dilantik Jadi PM India Narendra Modi menyapa para pendukungnya setelah dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) India untuk periode kedua di Istana Presiden di New Delhi, India, Kamis (30/5/2019). - Reuters/Adnan Abidi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Narendra Modi dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) India untuk periode kedua setelah partainya menang besar pada Pemilu 2019.
 
BBC melaporkan Kamis (30/5/2019), ribuan orang datang untuk memenuhi undangan acara pelantikan tersebut, termasuk para pemimpin negara-negara tetangga dan bintang Bollywood. Tampak hadir perwakilan dari Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, Nepal, dan Bhutan.
 
Namun, PM Pakistan Imran Khan tidak diundang. Hubungan antara India dan Pakistan sedang memanas menyusul kembali hangatnya isu Kashmir.
 
Hadir pula pemimpin Partai Kongres Rahul Gandhi, yang menjadi rival Modi dalam Pemilu kali ini, beserta ibunya yaitu Sonia Gandhi.
 
Adapun para bintang Bollywood yang datang di antaranya Karan Johar dan Kangana Ranaut.
 
Kemenangan Modi ini menunjukkan bahwa kampanyenya, yang fokus pada imej pribadi serta keamanan nasional India setelah tensi dengan Pakistan meningkat, berhasil meraih dukungan besar.
 
Kabinet baru Modi juga disumpah dalam kesempatan yang sama, termasuk kepala Bharatiya Janata Party (BJP)--partai nasionalis Hindu yang mengusung Modi.
 
Dalam Pemilu yang berakhir pekan lalu, BJP sukses meraih 354 dari 545 kursi di Lok Sabha, majelis rendah India.
 
Meski demikian, Modi dan para menterinya harus bekerja keras melawan tekanan dari melambatnya pertumbuhan ekonomi India dan terbatasnya lapangan kerja. 
 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BBC

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement