Siangnya Mangkir dari Pemeriksaan Polisi, Malamnya Amien Rais Malah Muncul di Rutan

Rombongan Prabowo Subianto saat di Polda Metro Jaya, Senin (20/5/2019) malam. - Bisnis/Sholahuddin Al Ayyubi
20 Mei 2019 22:27 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.com, JOGJA — Anggota Dewan Pembina Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Amien Rais mangkir dari pemeriksaan polisi, Senin (20/5/2019). Namun, dia muncul di Rutan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.

Amien menyambangi Rutan Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama sejumlah tokoh Tim BPN seperti Fadli Zon, Titiek Soeharto, Dahnil Anzar Simanjuntak hingga Capres Prabowo Subianto pada Senin malam. Amien dan tokoh BPN berencana menjenguk Eggio Sudjana dan Lieus Sungkharisma. 

Sebelumnya, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu sedianya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana dalam perkara dugaan tindak pidana makar pada pukul 10.00 WIB . Namun, Amien tmangkir dari panggilan tim penyidik tanpa alasan yang jelas.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono tim penyidik akan mengirimkan surat panggilan pemeriksaan yang kedua kepada Amien Rais untuk diperiksa sebagai saksi pada pekan depan. Argo juga sempat berpesan agar Amien Rais kooperatif dan tunduk pada hukum untuk memenuhi panggilan tersebut.

"Tim penyidik sudah menjadwalkan beliau untuk hadir sebagai saksi hari ini pukul 10.00 WIB tadi. Tapi sampai saat ini belum hadir, dan kami juga belum mendapatkan keterangan apapun terkait ketidakhadirannya," tuturnya, Senin (20/5/2019).

Menanggapi hal tersebut, Amien Rais menjamin dirinya akan hadir pada panggilan pemeriksaan pekan depan. Dia berjanji akan kooperatif. Amien juga menjelaskan alasan dirinya mangkir hari ini yaitu karena banyak kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga terpaksa dirinya harus mengeyampingkan panggilan tim penyidik Polda Metro Jaya dan mengikuti kegiatan yang sudah dijadwalkan sejak lama itu.

"Iya tadi banyak kegiatan. Panggilan berikutnya akan hadir. Sudah dulu ya," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia