Advertisement

Menarik, Satlantas Layani Perpanjangan SIM Sambil Ngabuburit

Newswire
Sabtu, 11 Mei 2019 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menarik, Satlantas Layani Perpanjangan SIM Sambil Ngabuburit Layanan pembuatan - perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). (Bisnis/Dok)

Advertisement

Harianjogja.com, TULUNGAGUNG --Ada saja cara yang dilakukan Satlantas Polres Tulungagung untuk melayani perpanjangan SIM (surat izin mengemudi). Dengan memanfaatkan Ramadan, Satlantas melayani perpanjang SIM keliling sambil ngabuburit selama Ramadan di lapangan GOR Lembupeteng, Tulungagung. Layanan itu bisa diakses tiga kali sepekan mulai pukul 16.00 WIB hingga 17.30 WIB.

"Kami memang sudah mengumumkan program layanan SIM keliling ngabuburit ini di Facebook, Instagram dan berbagai media informasi lain sehingga begitu jasa layanan dibuka kemarin langsung dibanjiri pemohon," kata Baur SIM Satpas Tulungagung Bripka Miftahurohman di Tulungagung, Kamis (9/5/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan sebenarnya program sejenis rutin digelar pada malam hari, di beberapa sentra keramaian berbeda. Namun, karena saat ini memasuki bulan puasa, kata Miftahurohman, jam layanan digeser pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

"Untuk tempatnya kami tetapkan di lapangan GOR Lembupeteng mengingat tempat ini mudah dijangkau dan secara lokasi sangat dikenal masyarakat," katanya.

Dia mengatakan tidak setiap hari jasa perpanjangan SIM keliling digelar. Miftahurohman menerangkan layanan SIM keliling ngabuburit digelar hanya pada hari Rabu, Kamis, dan Sabtu.

"Program layanan ini dimaksudkan membantu warga yang tidak punya banyak waktu mengurus perpanjangan SIM di kantor Satpas. Di sini bisa diurus dengan cepat dan mudah sekalian ngabuburit menunggu jam buka puasa," katanya.

Begitu datang di lokasi layanan SIM keliling ngabuburit, pemohon cukup menunjukkan bukti SIM lama yang akan diperpanjang didukung KTP elektronik lalu mengisi formulir dan mengurus administrasi surat keterangan sehat.

Jika sudah selesai dan melakukan pembayaran administrasi perpanjang SIM ke perwakilan perbankan yang ditugaskan dalam tim layanan SIM keliling itu, pemohon bisa langsung dipotret dan diambil sidik jari dan deteksi retina untuk pembuatan SIM baru yang diajukan.

"Alhamdulillah untuk pelayanan SIM keliling ini jumlah pemohon lumayan banyak. Kemarin saja selama satu setengah jam tercatat ada sekitar 55 pemohon. Tapi kalau Minggu bisa di atas 100,” ujarnya.

Para layanan SIM keliling ngabuburit yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Tulungagung hanya melayani pemohon yang melakukan perpanjangan SIM A dan C, sedangkan untuk pemohon baru akan dilayani melalui Satpas SIM.

"Khusus hari Minggu tidak hanya SIM saja yang dilayani, namun juga SKCK yang langsung dikendalikan oleh kesatuan terkait," katanya.

Miftah berharap pelayanan tambahan tersebut akan semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan kepengurusan perpanjangan SIM. Selain itu tingkat kesadaran masyarakat dalam mengurus SIM, diharapkan akan meningkat.

"Jadi, pada Ramadan tahun ini kami berikan bonus kepada pemohon berupa takjil gratis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement