Sistem Ganjil Genap Akan Diterapkan di Pelabuhan Merak pada Arus Mudik

Ilustrasi jalur mudik. - Okezone
04 Mei 2019 09:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, CILEGON - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mewacanakan akan menerapkan sistem ganjil genap saat arus mudik lebaran Idul Fitri 2019 di Pelabuhan Merak, Banten.

Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol Budi Setiyadi mengatakan, wacana penerapan ganjil genap di Pelabuhan Merak masih dalam tahap pembahasan guna mengurai kepadatan penumpang atau pemudik.yang melakukan perjalanan pada malam hari.

"Kita akan mencoba merubah mindset masyarakat supya siang hari sudah menyebrang ke Lampung. Carannya ada beberapa ide yang akan kita diskusikan kembali dan akan saya laporkan ke pak menteri seperti pola [penerapan] ganjil genap," ujar Budi saat mengunjungi Pelabuhan Merak. Jumat (4/5/2019).

Dia menjelaskan, jika nanti diterapkan siatem ganjil genap bagi kendaraan baik roda dua maupun roda empat diharapkam dapat mengurai kepadatan pemudik terutama pada puncak arus mudik.

"Kendaran plat nomor ganjil baik baik motor mupun mobi mungkin nyerbrang pada jam 12 malam kebawah, jam 12 keatas sampai jam 6 pagi yang genap. Tapi sifatnya himbauan, kita mengajak kepada masyarakt supaya mau menyebrang siang hari," ujarnya.

Selain pola ganjil genap, sejumlah pola pengatiram manajemen lain pun diwacanakan guna mengurai kepadatan. Mislanya pemberlakuan potongan harga bagi pemudik yang melakukan perjalanan siang hari, dan menaikan harga pada perjalanan malam hari.

"Pada arus mudik tahun ini prediksi kemungkinan kenaikan penumpang dan kendaraan sebesar 15 persen, sedangkan suplai kita untuk kapal maupun untuk dermaga masih seperti dengan tahun lalu, kita harus meningkatkan dan melakukan manajemen untuk pengaturan," katanya.

Sumber : Okezone.com