Advertisement

Tanpa Diresmikan, Jalan Tol Pandaaan Malang Siap Digunakan

Krizia Putri Kinanti
Sabtu, 13 April 2019 - 15:07 WIB
Sunartono
Tanpa Diresmikan, Jalan Tol Pandaaan Malang Siap Digunakan Pembangunan jalan tol Pandaan-Malang di Jawa Timur. Gambar diambil pada Senin (17/9/2018). - Istimewa/PT Jasa Marga (Persero)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum danĀ  Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan jalan tol Pandaan - Malang tinggal menunggu peresmian oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Bahkan, tidak diresmikan pun tol tersebut sudah bisa dipergunakan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa jalan tol Pandaan-Malang seharusnya sudah diresmikan namun batal karena Presiden berhalangan.

Advertisement

"Sebetulnya sudah siap. Harusnya Pak presiden kan ke Malang untuk Piala Presiden itu. Mungkin karena ada acara lain jadi itu tidak jadi diresmikan," ujarnya di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dia menyebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengusulkan peresmian pada 12 April 2019.

Menurut Basuki, semua persiapan sudah siap, kemarin terdapatbeberapa material yang harus dibersihkan, tapi sudah bisa dibersihkan. Sehingga jalan tol bisa dipakai tanpa perlu diresmikan.

"Kalau mau dipakai menurut saya bisa dipakai saja. Sebenarnya tidak harus [diresmikan] juga, peresmian itu kan hanya inagurasi," katanya.

Secara keseluruhan, investasi pembangunan jalan tol Pandaan - Malang mencapai Rp5,9 triliun dengan nilai konstruksi Rp3,7 triliun. Konsesi jalan tol dimiliki PT Jasamarga Pandaan Malang.

Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan menjadi akses penting bagi untuk arus barang dan pmanusia antara Surabaya dan Malang. Saat ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang bisa mencapai empat hingga enam jam. Melalui jalan tol, waktu tempuh hanya satu jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement