Advertisement

LRT Bisa Dibangun di Jogja-Solo

Yudi Supriyanto
Jum'at, 05 April 2019 - 18:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
LRT Bisa Dibangun di Jogja-Solo Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Velodrome-Kelapa Gading memasuki Stasiun Velodrome Jakarta, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyebut pemerintah dapat membangun moda transportasi berbasis kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di yang dapat menyambungkan Solo dan Jogja.

Gubernur Ganjar Pranowo menuturkan siap mendukung penuh Pemerintah Pusat jika memiliki program pembangunan moda transportasi berbasis rel tersebut di Jawa Tengah mengingat LRT merupakan salah satu program unggulan transportasi umum.

Advertisement

“Kalau mau dibuat, Solo-Jogja itu penting agar menyambung,” kata Ganjar dalam siaran pers, Jumat (5/4/2019).

Dia menjelaskan, dirinya sangat setuju jika terdapat moda transportasi kereta api ringan di Jawa Tengah karena transportasi massal perlu dikembangkan.

Banyak negara maju yang menggunakan transportasi umum sebagai sarana transportasinya, bukan kendaraan pribadi. Menurutnya, kendaraan pribadi merupakan salah satu penyebab pencemaran udara dan kemacetan.

“Kalau ada di Jateng ya bagus. Kami sangat setuju,” katanya.

Di Jawa Tengah, lanjutnya, rencana pembangunan kereta api ringan sudah ada, dan tinggal menunggu realisasinya. Pembangunan tersebut rencananya akan ada di Kota Semarang, dan pemerintah kota Semarang sudah melakukan persiapan sejak lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement