Advertisement

Jokowi Ingin Pancasila Diajarkan Sejak PAUD: BPN Prabowo-Sandi Tanya Jan Ethes Sudah Dididik Pancasila atau Belum

Aziz Rahardyan
Kamis, 04 April 2019 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Ingin Pancasila Diajarkan Sejak PAUD: BPN Prabowo-Sandi Tanya Jan Ethes Sudah Dididik Pancasila atau Belum Joko Widodo - JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga mempertanyakan rencana capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) yang diungkapkan dalam Debat Pilpres 2019 ronde keempat beberapa waktu lalu. Jokowi kala itu menyatakan pendidikan Pancasila akan diterapkan sejak pendidikan anak usia dini (PAUD).

Jokowi mengungkapkan ide tersebut untuk menanggapi pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menginginkan kembalinya pendidikan Pancasila masuk dalam kurikulum sejak TK, SD, SMP, hingga SMA.

Advertisement

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga Jansen Sitindaon mempertanyakan hal tersebut dalam acara diskusi di bilangan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (4/3/2019).

Menurut politikus Partai Demokrat ini, Jokowi hanya ingin terlihat berbeda dari Prabowo lewat ide tersebut, tetapi ide ini dinilai over atau terlalu berlebihan.

"Saya kaget, kebetulan saya ini punya anak kecil. Sepengetahuan saya, anak-anak di usia PAUD itu sepenuhnya harus dibebaskan untuk bermain, tidak perlu dicekoki yang lain-lain," jelasnya.

"Makanya saya mau tanya sama Arya [Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf], Jan Ethes itu apa sudah dididik Pancasila ya?" tambah Jansen sembari bercanda.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Arya Sinulingga menanggapi hal tersebut dengan memberi contoh bahwa pendidikan Pancasila sejak dini, bukan berarti melakukan doktrinasi ideologi pada mereka.

Tetapi dengan memberikan tuntunan baik dari lembaga pendidikan formal maupun informal untuk meresapi nilai-nilai Pancasila secara praktis yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

"Lebih kepada belajar perbedaan, bahwa sukunya berbeda, belajar makanan yang berbeda, ada agama juga yang berbeda, itu kan belajar Pancasila," jelas Arya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Imunisasi Serentak IBI DIY untuk Memperluas Cakupan

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement