Advertisement

Meski BPK Nyatakan Pembangunan Terminal Gagal Konstruksi, Pelindo II Klaim NPCT Tak Bermasalah

Newswire
Selasa, 19 Maret 2019 - 10:37 WIB
Sunartono
Meski BPK Nyatakan Pembangunan Terminal Gagal Konstruksi, Pelindo II Klaim NPCT Tak Bermasalah Kapal kargo melakukan bongkar muat di terminal petikemas Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (25/4/2018). - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC menilai New Priok Container Terminal (NPCT) 1 sudah berjalan baik dan tidak ada masalah secara komersial, kendati muncul audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyatakan pembangunan terminal tersebut gagal konstruksi.

"Saya kira tidak ada masalah. Jadi begini audit BPK yang muncul merupakan audit investigasi, di mana IPC bukan pada pihak yang bisa mendapatkan laporannya," kata Direktur Utama (Dirut) IPC Elvyn G. Masassya kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/3/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan bahwa audit investigasi yang dilakukan oleh BPK tersebut atas permintaan pihak ketiga, dan diberikan kepada pihak ketiga itu.

"Namun dalam prakteknya secara komersial NPCT 1 sudah berjalan dengan baik dan telah mencapai satu juta Teus pada 2018 lalu," tutur Elvyn.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya tetap akan melanjutkan pembangunan terminal kontainer atau container terminal (CT) 2 dan CT 3. "Tentu pembangunan CT 2 dan CT 3 tetap kita lanjutkan, karena itu sesuai dengan business plan yang ada," ujarnya.

Sebelumnya muncul audit BPK yang menyebutkan bahwa pembangunan NPCT 1 gagal konstruksi. Selain itu kesimpulan laporan audit investigasi tersebut juga menyatakan bahwa umur pemakaian NPCT 1 hanya 20 hingga 25 tahun.

Terkait umur pemakaian NPCT 1 yang hanya 20-25 tahun, Elvyn tidak mau mengomentari hal tersebut dan berpegang pada hasil studi kelayakan.

"Saya tidak mau komentari itu, karena setiap rencana pelabuhan ada studi feasibility atau kelayakannya, yang dilakukan oleh pihak profesional. Kita melihat itu.Dari hasil feasibility study-nya demikian, tapi kami sebagai manajemen juga melakukan review  untuk meyakinkan lagi bagaimana baiknya ke depan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement