Wings Air Tabrak Lampu Bandara Gamarmalamo Galela

Ilustrasi pembukaan rute baru Wings Air. Ilustrasi - JIBI/John Oktaveri
18 Maret 2019 21:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, TERNATE--Pesawat Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbangan 1183 rute Manado- Galela, Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) dilaporkan menabrak lampu bandara ketika hendak melakukan manuver seusai mendarat, Senin (18/3/2019).

"Pesawat Wings Air ini  menabrak lampu bandara menyebabkan terjadi penundaan penerbangan," kata Kepala Bandara Gamarmalamo Galela Ahmad Saifudin ketika dihubungi dari Ternate, Senin.

Dirinya menyatakan, peristiwa kecelakaan pesawat Wings Air tersebut, seluruh penumpang yang akan menuju Manado ditunda keberangkatannya hingga ada informasi dari pihak maskapai tersebut.

Dia menjelaskan, pesawat Wings Air ATR 72-600 ketika bermanuver dari runway ke taxi ban belakang bagian kanannya menabrak lampu taxi.

"Untuk kerusakan serius juga tidak ada, sebab lampu itu di desain khusus untuk langsung patah jika terlindas dan tidak ada kerusakan serius," ujarnya.

Hanya saja, pihak bandara menunggu informasi dari pihak maskapai dan informasinya, karena pihak maskapai wings Air langsung mendatangkan Mentenens untuk mengecek pesawat apabila layak terbang maka pesawat akan diterbangkan.

Kapolres Halut AKBP Yuyun Arief melalui Kasubag Humas Polres Aiptu Hopni Saribu menyatakan, bahwa penundaan tersebut disebabkan karena pesawat Wings Air sesudah landing bermanuver dan menabrak lampu runway Bandara Gamarmalamo.

"Akibatnya, penumpang yang bepergian dari Galela-Manado akhirnya dibatalkan penerbangannya oleh maskapai hingga menunggu info lebih lanjut dan para penumpang juga sudah diminta kembali ke kediaman masing-masing sambil menunggu informasi soal kepastikan jadwal keberangkatan kembali dari maskapai," kata Hopni.

Sumber : Antara