Advertisement

PM Australia tentang Penembakan Selandia Baru: Pernyataan yang Menyalahkan Imigran Muslim Sangat Menjijikkan

Budi Cahyana
Sabtu, 16 Maret 2019 - 00:07 WIB
Budi Cahyana
PM Australia tentang Penembakan Selandia Baru: Pernyataan yang Menyalahkan Imigran Muslim Sangat Menjijikkan Brenton Tarrant, pria yang diduga memberondongkan peluru di sebuah masjid di Selandia Baru. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPerdana Menteri Australia Scott Morisson mengkritik dengan keras pernyataan politikus sayap kanan, Fraser Anning, yang menyalahkan meningkatnya jumlah muslim di Selandia Baru sebagai akar teror penembakan di Christchurch yang menewaskan 49 orang, Jumat (15/3/2019).

“Pernyataan Senator Fraser Anning yang menyalahkan kebijakan imigrasi dalam serangan mematikan oleh teroris ekstremis sayap kanan di Selandia Baru sangat menjijikkan,” ujar Morrison, seperti dikutup The Telegraph, Jumat.

Advertisement

“Pandangan demikian tak punya tempat di Australia, apalagi di Parlemen Australia.”

Fraser Anning, menuding meningkatnya jumlah imigran muslim yang berdatangan ke Selandia Baru sebagai penyebab teror di Christchurch.

Saya benar-benar menentang segala bentuk kekerasan dalam komunitas kami, dan saya sepenuhnya mengutuk tindakan si penembak,” ujar Anning sebagaimana dikutip The Telegraph, Jumat.

Meski demikian, Fraser Anning yang dikenal karena retorika-retorikanya yang menyulut emosi audiens, mengatakan nasionalisme tak bisa disalahkan dalam teror. Menurut dia, akar masalah ini adalah kebijakan imigrasi Selandia Baru yang memberi kesempatan datangnya kalangan muslim dari berbagai negara.

“Bagaimana pun juga, yang harus disoroti adalah meningkatnya ketakutan dalam komunitas kami, baik di Australia dan Selandia Baru, terhadap meningkatnya kehadiran muslim,” ujar dia.

“Seperti biasa, politisi sayap kiri akan menyalahkan aturan penggunaan senjata dan pandangan-pandangan nasionalisme. Tetapi itu semua omong kosong belaka.”

“Penyebab sebenarnya dari pertumpahan darah di Selandia Baru adalah kebijakan imigrasi yang memberi kesempatan kepada muslim-muslim fanatik ke Selandia Baru.”

Fanning mengatakan muslim memang menjadi korban tragedi di Selandia Baru hari ini.

“Tetapi biasanya mereka adalah pelaku.”

Anning hanya mendapat dukungan 19 suara di pemilu sebagai kandidat dari Partai One Nation. Anning kerap mengusung isi antiimigran. Anning bisa menjadi senator karena koleganya ditarik keluar dari Parlemen. Anning meninggalkan Partai One Nation dan kemudian bergabung dengan partai sayap kanan sebelum menjadi politikus independen.

Dia meminta Australia mengembalikan kebijakan Australia putih, yang membatasi kedatangan imigran dari non-Eropa ke Negeri Kanguru sejak 1901. Kebijakan diskriminatif itu sudah dihapus pada awal 1970-an.

Sayap Kanan

Teror di Selandia Baru dilakukan pria berusia 28 tahun asal Australia, Brenton Tarrant. Identitasnya diketahui karena dia menayangkan penembakan brutal tersebut lewat medsos.

Sebagaimana dikutup dari The Guardian, di akun Twitter yang sudah dihapus Tarrant sempat mengunggah beberapa foto menenteng bedil dan menautkan manifesto yang menjadi alasannya menebar teror. Dalam manifesto 74 halaman tersebut, Tarrant mengutip puisi Dylan Thomas. “Do not go gentle into that good night, and then moves onto a rant about white genocide”, yang artinya kurang lebih “Jangan memasuki malam yang baik ini dengan dengan lembut, kemudian mengumpatlah tentang genosida kulit putih.”

Tarrant menggarisbawahi alasan penyerangannya, yakni menebar ketakutan dan menghasut kekerasan terhadap umat muslim. Dia berasal dari New South Wales dan memberi judul manifestonya dengan The Great Replacement.

Tarrant terinspirasi Darren Osborne, pria yang sudah divonis penjara seumur hidup karena menyerang Masjid Findbury Park di London, Inggris, Juni 2017, dan juga Andres Breivik, teroris yang membunuh puluhan orang di Norwegia, Juli 2011.

“Saya mendukung siapa saja yang menentang genosida etnis dan budaya. Luca Traini, Anders Breivik, Dylan Roof, Anton Lundin Pettersson, Darren Osbourne, dan lain-lain.”

Kalimat itu menyiratkan gagasannya tentang supremasi kulit putih dan sayap kanan.

49 Tewas

Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan kebrutalan Tarrant telah menewaskan 49 korban. Sebanyak 41 orang ditembak di Deans Avenue.

Mike Bush mengatakan beberapa korban meninggal dunia saat menjalani perawatan di rumah sakit. Satu orang sudah ditahan dan diduga menjadi pelaku penembakan brutal saat umam muslim menunaikan Salat Jumat tersebut. Dia akan menjalani persidangan Sabtu (16/3/2019) besok atas tuduhan pembunuhan. Polisi Selandia Baru sudah menahan empat orang: tiga laki-laki dan satu perempuan.

“Satu orang tidak terlibat dalam penyerangan, dan dua orang lainya masih diselidiki,” kata Bush dikutip dari The Guardian.

Penembakan terjadi di dua masjid di Christchurch. Salah satu masjid yang menjadi lokasi serangan, Al Noor, selama ini dikenal sebagai tempat yang damai dan tenang.

“Ketika khotbah dimulai, Anda bahkan bisa mendengar bunyi jarum yang dijatuhkan di lantai,” ujar satu penduduk setempat, Ramzan.

Penembakan berlangsung sekitar pukul 13.40 waktu setempat seusai salat Jumat.

“Pria itu mulai menyerang di ruang utama. Saya berada di ruang sebelah, jadi saya tidak melihat siapa yang menembak. Saya hanya melihat orang-orang berlarian menuju ruangan saya. Mereka bersimbah darah dan beberapa orang ambruk,” ucap dia.

“Saat itu, saya sadar telah terjadi sesuatu yang amat serius.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement