Advertisement

Ma'ruf Amin Tak Diundang Munajat 212 karena Pasif

Newswire
Senin, 25 Februari 2019 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ma'ruf Amin Tak Diundang Munajat 212 karena Pasif Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin menuju tempat peletakan batu pertama proyek pembangunan Menara MUI di Bambu Apus, Jakarta, Kamis (26/07). - ANtara foto/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif Ma'ruf Amin tidak diundang dalam acara Munajat 212 di Monas pada Kami (21/2/2019) padahal dirinya juga alumni 212. Ma'ruf sempat menyindir karena dirinya tidak diundang.

Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin menanggapi soal sindiran itu. Novel mengatakan, acara yang diselenggarakan MUI DKI Jakarta bersama LDF DPP FPI itu merupakan acara khusus bagi para alumni 212 dan partai pendukung koalisi keumatan. Sehingga undangan hanya diberikan untuk orang tertentu saja.

Advertisement

"Namanya juga acara kami, ya dari kelompok kami juga lah, yaitu partai koalisi keumatan dengan mengawal ijtima ulama jelas bukan, sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan pihak seberang," kata Novel saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Minggu (24/1/2019).

Ma’ruf mengaku heran kenapa dirinya tidak diundang dalam acara tersebut. Padahal kata dia, 212 muncul karena fatwa yang telah dibuatnya pada saat itu.

Menurut Novel, fatwa yang dikeluarkan Ma'ruf Amin atas nama MUI, bukan pribadi. Di sisi lain lanjutnya, Ma'ruf yang saat ini menjadi cawapres nomor urut 01 itu menurut Novel tidak pernah hadir dalam aksi bela Islam.

"Perlu diingat bahwa KMA (KH Ma'ruf Amin) tidak pernah hadir saat aksi bela islam dari pertama 1410, 411 sampai 212 tahun 2016 tidak ada keterlibatan beliau sebagai atas nama pribadi, akan tetapi kami yang mengawal fatwa MUI sampai terbentuk wadah GNPF MUI," tuturnya.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin mengaku heran dirinya tidak diundang dalam acara Munajat 212. "Tapi saya ini kan pendorong 212. Yang mengeluarkan fatwa lahirnya 212 kan dari fatwa saya. Saya kok enggak diundang,” ujar Ma’ruf di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Minggu.

Ma’ruf berpendapat, acara Munajat 212 bukanlah berasal dari gerakan yang dahulu dimotorinya. "Berarti 212 yang kemarin itu, 212 yang lain, bukan yang sama waktu saya gerakkan itu. Beda ya. Beda," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement