Advertisement

PARENTING: Bikin Bayi Cepat Tidur, Ini Tipsnya

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 22 Februari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Bikin Bayi Cepat Tidur, Ini Tipsnya Ilustrasi - foxnews.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menidurkan bayi adalah sebuah tugas yang cenderung cukup sulit bagi banyak orang.

Karena, tidak semua  bayi mudah tertidur meskipun sang ibu sudah mengerahkan segala upaya untuk menidurkannya.

Advertisement

Belum lagi, ketika bayi sudah tertidur, dan ibu berusaha mengendap-ngendap keluar kamar untuk melakukan aktivitas, sang bayi kembali terbangun karena suara langkah kaki.

Bayi juga mudah terbangun jika mendengar suara yang mengagetkannya.  Padahal,  jumlah tidur yang cukup tidak hanya penting untuk bayi Anda yang baru lahir, tetapi juga untuk orang tua yang tinggal di rumah, yang merawat bayi. Jadi, untuk memastikan bahwa kebutuhan tidur bayi Anda terpenuhi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Berikut tipsnya seperti dikutip Timesofindia.com:

Jadikan waktu tidur rutin

Rutinitas waktu malam yang menenangkan dapat mempersiapkan bayi Anda untuk tidur tepat waktu. Rutin ini dapat mencakup apa saja dari menyanyikan lagu pengantar tidur hingga memberi mereka mandi air hangat dengan waslap. Ketika Anda mengulangi jadwal ini malam demi malam, si kecil Anda akan mengetahui bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Dapatkan cukup sinar matahari di dalam ruangan

Bayi baru lahir mengalami kesulitan membedakan antara siang dan malam. Pastikan Anda mendapatkan cukup sinar matahari di dalam rumah pada siang hari untuk melatih jam tubuh mereka. Anda juga dapat membawa bayi ke luar di siang hari untuk membiasakan mereka dengan sinar matahari.

Minyak esensial yang menenangkan

Pertama dan terutama, kami sarankan Anda berbicara dengan dokter anak tentang hal yang sama. Karena banyak minyak atsiri yang terkenal karena wewangiannya yang menenangkan dan membuat rileks, Anda dapat meletakkan satu atau dua tetes minyak esensial lavender, dekat tempat bayi Anda tidur untuk membantunya tertidur dengan cepat.

Jangan menyalakan lampu

Jika bayi Anda bangun di malam hari, jangan membawanya ke ruangan yang terang atau menyalakan lampu, sebagai gantinya cobalah goyang bayi Anda dengan lembut sampai ia mengantuk lagi.

Hindari kontak mata

Bayi adalah tempat yang interaktif, jadi ketika Anda mempertahankan kontak mata dengan si kecil, ia cenderung menjadi bersemangat. Jadi cobalah untuk menghindari pandangan bayi Anda ketika mencoba membuatnya tidur.

Pijat bayi Anda

Apa yang lebih santai daripada mendapatkan pijatan yang hangat dan menenangkan? Hal-hal tidak berbeda untuk bayi Anda. Jadi, jika Anda ingin bayi Anda tidur tepat waktu, lakukan 15 menit pijatan lembut dalam rutinitas waktu malam.

Menggunakan suara yang menenangkan

Yang satu ini tidak perlu repot karena berbicara dengan bayi Anda dengan nada sunyi-sunyi sebenarnya dapat mempercepat seluruh proses menidurkan bayi Anda. Mengajak anak Anda atau berbicara dengan lembut dapat mengingatkan bayi Anda tentang saat-saat ia dengan aman terselip di dalam rahim Anda dan bisa sangat menenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Timesofindia.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement