Advertisement

Luwes Sragen Kebobolan, Maling Gondol Miliaran Rupiah

Tri Rahayu
Kamis, 31 Januari 2019 - 18:17 WIB
Sunartono
Luwes Sragen Kebobolan, Maling Gondol Miliaran Rupiah Brankas Toserba Luwes Sragen yang dibobol maling, Kamis (31/1/2019) dini hari. (Istimewa - Humas Polres Sragen)

Advertisement

Harianjogja.com, SRAGEN --Peristiwa pencurian dengan pemberatan terjadi Toserba Luwes Sragen Kamis (31/1/2019) dinihari. Akibat pencurian itu kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Pencuri tidak hanya mengambil uang di dalam brankas tetapi juga membawa kabur sepeda motor Honda Revo inventaris Toserba Luwes Sragen.

Kasatreskrim Polres Sragen AKP Harno  menjelaskan uang yang tersisa dan tidak dibawa kabur pencuri masih dalam tumpukan hingga setinggi 30 sentimeter  dengan nilai ratusan juta rupiah.

Advertisement

“Pencuri ini mengetahui secara detail denah Toserba Luwes yang dikelola Mega Puspitasari,  warga Colomadu, Karanganyar itu. Aksinya rapi, terencana, dan sudah memetakan tempat. Pencuri ini tidak kesulitan menemukan lokasi brankas. Pelaku mengambil uang dengan menggergaji brankas dengan gergaji besi,” ujarnya, Kamis (31/1/2019).

Brankas setinggi hampir 2 meter itu digergaji di bawah handel brankas merek Guardian yang berbentuk bintang segitiga tumpul seperti simbol mercy. Lubang yang digergaji berbentuk segi empat dengan ukuran 15 cm x 15 cm. 

“Lubang itu cukup untuk memasukkan tangan dan mengotak-atik kunci brankas dari dalam. Pencuri kemudian keluar lewat pintu parkir di basement gedung dan kabur menggunakan sepeda motor Honda Revo. Pintu basement itu hanya bisa dibuka dari dalam,” katanya.

Harno memeriksa 16 orang saksi secara intensif sejak Kamis pagi. Para saksi di antaranya Manager Toserba Luwes Sragen Mega Puspitasari, petugas satpam, penjaga malam, penjaga gudang, dan karyawan terkait lainnya. 

Dari hasil pemeriksaan, kata dia, ternyata penjaga malamnya tertidur. Harno juga memeriksa kamera closed circuit television (CCTV) di semua sudut. 

“Sayangnya kamera CCTV itu terkoneksi ke jaringan lampu. Kalau lampu padam maka kamera ikut padam. Itu menjadi kelemahannya,” ujarnya.

Harno menyampaikan uang yang diambil pelaku dari pecahan Rp100, Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, hingga Rp100.000. Uang-uang itu merupakan hasil dari transaksi jual beli dari Toserba Luwes Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement