Advertisement

Berkat Ledakkan Kapal, Menteri Susi Masuk Daftar 100 Pemikir Global

Newswire
Kamis, 24 Januari 2019 - 00:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Berkat Ledakkan Kapal, Menteri Susi Masuk Daftar 100 Pemikir Global Susi Pudjiastuti - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Salah satu menteri era Kabinet Jokowi kembali menuai prestasi di kancah dunia. Kali ini, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar 100 "Global Thinkers" atau Pemikir Global versi majalah Foreign Policy yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Editor in Chief Foreign Policy, Jonathan Tepperman, dalam keterangan tertulisnya di laman resmi foreignpolicy.com yang dipantau Antara, Rabu (23/1/2019) menyebutkan peluncuran daftar tersebut untuk membuat orang lebih paham akan berbagai gagasan yang membentuk pemahaman tentang dunia.

Advertisement

Menurut dia, gagasan meluncurkan daftar ini bukanlah untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang baik, tetapi untuk menyoroti orang yang dinilai paling berpengaruh di dunia. Tidak peduli apakah pengaruh itu menjadi lebih baik atau lebih buruk kepada dunia.

Kali ini, majalah Foreign Policy membagi daftar 100 orang tersebut dalam 10 kelompok, misalnya kelompok orang yang berusia di bawah 40 tahun, atau pemikir yang telah meninggal dunia.

Menteri Susi yang merupakan bagian dari Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla, masuk ke dalam 10 orang yang tergabung dalam kelompok Pemikir Global bidang pertahanan dan keamanan.

Dalam ulasan Foreign Policy mengenai Susi Pudjiastuti, disebutkan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan RI berkomitmen untuk memberdayakan kembali stok ikan di negaranya.

Menteri Susi dinilai tidak malu menggunakan taktik menakut-nakuti, seperti meledakkan kapal pencuri ikan yang tertangkap di kawasan perairan Indonesia.

Pendekatan yang tegas itu juga membuat penurunan dalam tingkat penangkapan ikan secara ilegal, termasuk meningkatnya sejumlah ketegangan diplomatik dengan sejumlah negara.

Di dalam daftar Pemikir Global bidang pertahanan dan keamanan itu, selain nama Susi Pudjiastuti, juga terdapat nama-nama seperti Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed, dan Perdana Menteri Bangladesh Shaikh Hasina.

Nama-nama besar lainnya yang termasuk ke dalam daftar 100 Pemikir Global antara lain Kanselir Jerman Angela Merkel, mantan Presiden AS Barack Obama, pendiri Alibaba Jack Ma, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, Pemimpin Korut Kim Jong Un, dan Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Kamis 25 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement