Advertisement

Kereta Jarak Jauh Singgah di NYIA untuk Permudah Umrah

Yudi Supriyanto
Selasa, 22 Januari 2019 - 15:45 WIB
Budi Cahyana
Kereta Jarak Jauh Singgah di NYIA untuk Permudah Umrah Gubernur DIY Sri Sultan HB X (kedua kiri) meninjau fasilitas Stasiun Tugu di Kota Jogja, Selasa (8/1/2019). Peninjauan tersebut guna melihat kesiapan fasilitas pendukung kereta New Yogyakarta International Airport (NYIA). - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana membuat rute baru agar kereta api – kereta api jarak jauh berhenti di stasiun kereta New Yogyakarta International Airport (NYIA). Kereta jarak jauh itu akan memudahkan orang pergi umrah. 

“Kereta api yang jarak jauh dari Surabaya, Solo, Madiun, Purwokerto bisa berhenti di terminal ini, sehingga kalau orang mau umrah, bisa di-serve dari bandara ini,” kata Budi dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Senin (21/1/2019).

Jalur kereta api yang akan dibangun menuju bandara tersebut adalah jalur kereta api baru dengan jarak sekitar 3-5 kilometer dari Desa Kedundang hingga bandara.
Sambil menunggu pembangunan jalur kereta api baru selesai, jalur kereta api yang sudah ada dari Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo akan digunakan. Shuttle bus untuk mengangkut penumpang dari Stasiun Wojo ke Bandara NYIA. Pembangunan bandara baru terus dikebut dan secara keseluruhan telah mencapai 30%.

“Secara menyeluruh itu kurang lebih 30%, tapi kalau untuk yang April [2019] kira-kira sudah 60%,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan sangat fokus pada proses pembangunan NYIA karena akan meningkatkan pariwasata DIY dan Jawa Tengah selain membuka konektivitas internasional.

*Judul berita ini dikoreksi pada Selasa (22//1/2019) pukul 16:28 tanpa mengubah isi pemberitaan. Sebelumnya berita ini diberi judul Kerata Jarak Jauh Singgah di NYIA untuk Pemudah Umrah.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement