Advertisement

Satwa Langka Panda Merah Lahir di Taman Safari Bogor

Yanuarius Viodeogo
Minggu, 20 Januari 2019 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Satwa Langka Panda Merah Lahir di Taman Safari Bogor Foto bayi Panda Merah yang lahir di Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, yang diunggah ke akun Twitter Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Foto Antara (Dok.Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Seekor bayi panda merah telah lahir di Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Kamis (17/1/2019) pukul 6.30 WIB.

Dari siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bayi tersebut lahir dari induk bernama Xing Xing (berusia 8 tahun) dan Bai Bai (9 tahun).

Advertisement

Kedua induk itu didatangkan ke Indonesia dari Guangzhou China pada 13 Oktober 2017 lalu dan dilanjutkan upaya pengembangbiakan satwa panda merah mulai perjodohan, pengamatan perilaku perkawinan, dan pemantauan status reproduksi induk melalui pemeriksaan ultrasonografi. 

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Indra Exploitasia, menyambut baik keberhasilan pengembangbiakan panda merah tersebut, mengingat hewan dengan nama latin Ailurus fulgens ini termasuk dalam daftar endangered (terancam punah).

"Populasi satwa ini di habitat alamnya di China terus mengalami penurunan dikarenakan adanya perburuan liar baik dalam kondisi hidup maupun mati, serta hilangnya habitat. Sehingga keberhasilan perkembangbiakan di luar habitatnya menjadi keberhasilan di tingkat dunia," kata Indra, Sabtu.

Menurutnya, TSI Bogor adalah satu dari 84 lembaga konservasi terdaftar di KLHK yang memiliki nilai akreditasi A dari tim independen yang berarti dikelola secara profesional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ajak Masyarakat Ubah Sampah Jadi Berkah Lewat Gelaran Bedah Buku

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement