Advertisement

DEBAT PILPRES: Ace Sebut Ma'ruf Tajam dan Mengena, Prabowo Tidak Paham

Nancy Junita
Jum'at, 18 Januari 2019 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
DEBAT PILPRES: Ace Sebut Ma'ruf Tajam dan Mengena, Prabowo Tidak Paham Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) dan Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) disela-sela debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- Kiai Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menegaskan banyak pihak yang ‘under estimate’ terhadap Ma’ruf padahal Cawapres Jokowi tersebut lebih bicara konkret dan paham teori terorisme.

Ma’ruf Amin menyebut deradikalisasi terhadap mereka yang sudah terpapar terorisme ada dua pendekatannya. Pertama, kalau disebabkan faktor ekonomi, maka pendekatannya adalah pemberian lapangan kerja agar para teroris mendapatkan pekerjaan dan nafkah yang layak. Kedua, jika penyebabnya adalah paham agama yang menyimpang, maka negara wajib membawanya ke jalan yang lurus.

Advertisement

Menurut Ace, hal ini menunjukan bahwa Ma’ruf Amin menguasai masalah dan juga tangkas menjawab isu hukum dan terorisme.

“Banyak pihak yang meng-under estimate KH Ma’ruf Amin dalam debat, tapi semalam justru dengan ketenangan dan jawabannya yang sistematis KH Ma’ruf Amin jadi bintang,” tukas Ace.

Sementara, menurut Ace, Prabowo menunjukan ketidakpahaman mengenai akar masalah munculnya terorisme. Sebaliknya, jawaban Kiai Ma’ruf Amin sangat tajam dan mengena.

Ace mengatakan walaupun mengklaim bahwa Prabowo berpengalaman, tapi Prabowo salah besar kalau mengatakan teroris dikirim dari negara lain, serta menyederhanakan masalah terorisme sebagai persoalan ekonomi.

“Berbeda dengan Prabowo, sikap Jokowi-Kiai Ma’ruf tegas. Terorisme adalah kejahatan, karenanya harus diberantas ke akar-akarnya. MUI memfatwakan bahwa terorisme bukan jihad. Terorisme adalah perbuatan kerusakan. Terorisme harus dicegah melalui kontra-terorisme dan pendekatan deradikalisasi tanpa harus melanggar HAM melalui kerjasama juga dengan ormas,” jelas Ace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Rabu 24 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement