4 Tahun Memimpin, Jokowi Sudah Kuras Anggaran Negara Rp187 Triliun untuk Desa

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara - Wahyu Putro A)
24 Oktober 2018 10:50 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ratusan triliun anggaran negara selama beberapa tahun terakhir telah dialokasikan untuk desa.

Selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah menghabiskan dana Rp187 triliun untuk program dana desa. Dana tersebut digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengatakan, selama kepemimpinan Presiden Jokowi anggaran dana desa terus meningkat sejak 2015.

"Ini merupakan komitmen politk untuk mengurangi kesenjangan dan kemiskinan, terutama yang ada di desa-desa," kata Eko dalam acara 'Empat Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla', di Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Menurut Eko, penggunaan dana desa juga terus meningkat dari yang sebelumnya hanya 82 persen pada 2015, meningkat menjadi 97 persen pada 2016 dan 2017 meningkat menjadi 98 persen.

"Peningkatan penyerapan ini menunjukkan tata kelola di desa-desa berjalan baik. Karena yang kita semua tahu bahwa dana desa dikucurkan tiga tahap. Tahap berikutnya, tidak bisa dicairkan sebelum laporan dan hasil audit diterima," tuturnya.

Eko menilai, jika melihat tahun 2015 rendahnya penyerapan anggaran dana desa karena program tersebut masih baru, sehingga belum adanya pemahaman baik dari kepala desa maupun perangkat desa saat itu.

"Kita semua tahu 40 persen kepala desa kita hanya tamatan SD dan SMP. Mereka tidak punya perangkat selengkap kecamatan untuk kelola dana desa," paparnya.

Adapun keberhasilan dari penggunaan dana itu sendiri, kata dia, karena adanya pendamping desa. "Secara terus menerus memberikan pendampingan pada perangkat desa," tukasnya.

Sumber : Okezone.com