Advertisement

Sri Mulyani Minta Bos IMF dan Presiden Bank Dunia Tinggal Lebih Lama dan Habiskan Gaji di Indonesia

Ni Putu Eka Wiratmini
Senin, 15 Oktober 2018 - 01:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Sri Mulyani Minta Bos IMF dan Presiden Bank Dunia Tinggal Lebih Lama dan Habiskan Gaji di Indonesia Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan saat konferensi pers tentang buku APBN Kita di Jakarta. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, BADUNG-Menkeu Sri Mulyani meminta Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim tinggal lebih lama dan menghabiskan seluruh gaji di Indonesia.

Permintaan itu diungkapkan Menkeu setelah keduanya mampu mengungkapkan kalimat dalam Bahasa Indonesia secara fasih. Lagarde dan Kim sudah seminggu berada di Indonesia, mengikuti Annual Meetings IMF-WB 2018.

Advertisement

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan penghargaannya atas penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-World Bank Group 2018. " Terima kasih Indonesia atas semua jerih lelah Anda," ujar Lagarde dalam Bahasa Indonesia. 

Sementara, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengungkapkan dalam Bahasa Indonesia,"Saya menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas hilangnya jiwa dan kerusakan di Sulawesi dan Lombok. Kami semua World Bank Group siap mendukung pemerintah dan rakyat Indonesia."

Menurut Sri Mulyani, dalam waktu sepekan saja berada di Indonesia, Lagarde dan Kim sudah mampu mengungkapkan kalimat dalam bahasa Indonesia. Apalagi, jika mereka tinggal lebih lama di Indonesia. 

"Anda baru seminggu di Indonesia sudah fasih berbahasa Indonesia, apalagi Anda lama di sini," katanya dalam konferensi pers penutupan IMF-WB 2018, Minggu (14/10/2018).

Sri Mulyani juga mengungkapkan terima kasih atas motivasi yang diberikan semua peserta IMF-WB 2018 kepada Pemerintah dan rakyat Indonesia atas bencana yang saat ini sedang dihadapi Indonesia. 

"Kami gunakan ekspresi dan dukungan sebagai respons untuk melanjutkan semangat sampai kami memulihkan wilayah yang terdampak," kata Sri Mulyani. 

Sri Mulyani  juga ikut mengomentari pidato Jokowi yang menggunakan istilah serial televisi Game of Thrones yakni winter is coming sebagai seruan atas kondisi global saat ini.

Menurutnya, selama dia mengikuti Annual Meetings IMF-WB 2018 sejak 13 tahun lalu, belum pernah ada pidato kepala negara tuan rumah yang sederhana, fokus, relevan, dan tidak biasanya.

"Semua bertanya siapa yang menulis pidato, apakah kamu Sri Mulyani? Tidak, saya tidak punya imajinasi seperti itu, itu adalah Pak Jokowi sendiri, itu pidato yang sangat baik dengan koordinasi yang kuat dan kolaborasi kuat juga, dan semangat multilateral dan merupakan isu yang relevan bagi dunia," kata Sri Mulyani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement