Ngeri, Begini Video Detik-Detik Robohnya Alfamart Karang Bendil Mataram Akibat Gempa Bumi

Evakuasi warga yang tertimpa atap masjid menggunakan alat berat. - Twitter/@Sutopo_PN
09 Agustus 2018 21:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sebuah video yang berisi rekaman detik-detik bangunan Alfamart Karang Bedil Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat roboh, beredar di dunia maya.

Video tersebut diambil oleh warga yang kebetulan berada di depan bangunan Alfamart pada saat kejadian.

Dalam video tampak bangunan toko Alfamart semula masih berdiri. Namun, beberapa detik kemudian terdengar suara ada getaran dari bangunan tersebut. Warga pun berteriak, "Roboh, roboh!".

Benar, hanya beberapa detik kemudian, bangunan itu roboh. Robohnya bangunan menyebabkan debu membubung dan menutupi bangunan.

Video berdurasi 24 detik tersebut diunggah oleh akun twitter @habibiRoziki pada Kamis (9/8/2018) pukul 03.14.
Dalam keterangannya, ia menulis "Alfamart Karang Bedil Mataram,NTB #PrayForLombok @zarazettirazr @Fahrihamzah @tgbID @jokowi @BangPino_ @imellisas @ZUL_Hasan @Zulkieflimansy2 #BencanaNasional".

Unggahan tersebut sempat dipertanyakan. Akun @bintang_s_s menulis komentar "Kena apa itu? Kalau gempa kok motor2 itu g ambruk ?dan orang2 malah bisa videoin ?".

Namun, akun lain @HanSetio menjawab‏ "bangunan kena gempa berulang kali ya bisa aja roboh. Mungkin gempa yg sebelumnya masih kuat berdiri".

Akun @bintang_s_s kemudian menanggapi lagi "Ouhh berarti efek gempa sebelumnya tapi robohnya belakangan..".

Gempa bumi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat berkekuatan 7,0 Skala Richter terjadi pada Minggu (5/8/2018) malam pukul 18:46:35 Wita,  berpusat pada kedalaman 15 kilometer dan berlokasi pada 8,37 Lintang Selatan dan 116.48 Bujur Timur.