Dua Bocah Berhasil Lolos setelah Sempat Dibawa Kabur Penculik

Foto ilustrasi. - Reuters
28 Juni 2018 18:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BANYUMAS- Dugaan penculikan dua anak terjadi di Banyumas. Dua bocah perempuan berhasil lolos dari upaya penculikan, salah seorang di antaranya ditemukan di Perumahan Pasir Luhur, Desa Pasir Kulon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Bocah berinisial Sal (11), warga Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden, Banyumas, itu selanjutnya dibawa warga Perumahan Pasir Luhur ke Markas Kepolisian Sektor Karanglewas.

Sementara, korban lainnya berinisial Jes (11) dikabarkan ditemukan warga di Desa Pasir Wetan, Kecamatan Karanglewas, dan telah dijemput orang tuanya pulang ke rumah mereka di Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden.

Saat ditemui di Mapolsek Karanglewas, salah seorang warga Perumahan Pasir Luhur, Linda Subekti (45) mengatakan Sal pertama kali ditemukan oleh anak tetangganya bernama Bayu.

"Jadi, dia yang menangis sambil berjalan menghampiri Mas Bayu untuk minta tolong diantar ke Rempoah. Tapi Mas Bayu bingung karena tidak tahu daerah Rempoah dan tanya kepada saya yang kebetulan sedang lewat," ungkapnya.

Saat Bayu mengatakan jika Sal ingin diantar ke Rempoah, dia mengaku bingung karena tidak tahu permasalahannya.

Oleh karena itu, dia segera mengajak Sal ke rumahnya di Perumahan Pasir Luhur karena kebetulan orang tua Bayu sedang tidak ada di rumah.

"Sampai di rumah, saya tanya dan ternyata dia dibawa orang bersama seorang temannya berinisial Jes (11). Dia mengaku baru beli pulsa bersama Jes, tiba-tiba dihampiri oleh seorang pria yang menanyakan namanya dan mengatakan jika ibunya ingin bertemu," ucapnya.

Ia mengatakan berdasarkan pengakuan Sal, dua bocah itu selanjutnya membonceng sepeda motor yang dikendarai pria tersebut hingga akhirnya salah seorang di antaranya diturunkan di Perumahan Pasir Kidul, sedangkan Jes dibawa kabur.

Setelah mendengar cerita Sal, dia segera menelepon ayah bocah itu dan selanjutnya melapor ke Polsek Karanglewas.

Sementara itu, Kepala Polsek Karanglewas Ajun Komisaris Polisi Sus Irianto membenarkan adanya upaya penculikan terhadap dua bocah perempuan oleh seorang pria yang belum diketahui identitasnya.

"Tadi sekitar pukul 11.44 WIB, ada telepon dari masyarakat yang menginformasikan bahwa di Perumahan Pasir Luhur ada korban penculikan. Oleh karena itu, saya segera memerintahkan anggota untuk datang ke lokasi," katanya.

Selanjutnya, kata dia, bocah korban penculikan itu dibawa ke Mapolsek Karanglewas dan pihaknya juga memerintahkan anggota untuk melakukan penyekatan di sejumlah wilayah guna mempersempit ruang gerak pelaku.

"Saat ayah Sal datang, saya tanya apakah benar ini orang tua kamu dan ternyata benar," ujarnya.

Ia mengatakan satu korban penculikan lainnya, yakni Jes dilaporkan sudah ditemukan di Desa Pasir Wetan dan saat ini telah kembali bersama orang tuanya.

Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan sebelum Sal diturunkan di Perumahan Pasir Luhur, bocah perempuan tersebut diduga melakukan perlawanan karena curiga terhadap pelaku.

Menurut dia, dugaan tersebut muncul karena pada leher Sal terdapat luka bekas cekikan.

"Saat ini, Sal bersama ayahnya telah dibawa ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polres Banyumas untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sementara pelaku yang mengendarai sepeda motor warna hitam masih dalam pengejaran," tuturnya.

Sumber : Antara