Advertisement

SNMPTN 2015 : Ini Cara Perbesar Peluang Diterima

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 27 Januari 2015 - 20:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
SNMPTN 2015 : Ini Cara Perbesar Peluang Diterima JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoSebanyak 426 kepala sekolah atau perwakilan sekolah dari berbagai sekolah tingkat SMA/MA/SMK/MAK di DI. Yogyakarta mengikuti sosialisasi Proses Pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruana Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 di gedung Grha Sabha Pramana, UGM Yogyakarta, Selasa (27/01 - 2015). Kebijakan SNMPTN 2015 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Jadual SNMPTN dimuali dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pda 22 Januari/8 Maret 2015, sementara pendaftaran

Advertisement

SNMPTN 2015, siswa disarankan pilih PTN di tempat asal. Langkah ini memberikan peluang diterima lebih besar. Sebab tidak terjadi penumpukan pendaftaran di suatu PTN.

Harianjogja.com, JOGJA-Pembukaan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS) pada Kamis (22/1/2015) lalu menjadi tanda pembukaan proses pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi (SNMPTN). Tahun ini, Perguruan Tinggi Nasional (PTN) wajib menyediakan kuota minimal 50% dari daya tampung untuk jalur SNMPTN.

Advertisement

Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Salah satu harus PTN yang berada di provinsi asal SMA calon peserta berada. Siswa dapat memilih sebanyak- banyaknya tiga program studi (prodi) dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi. Urutan prodi merupakan prioritas pilihan.

Direktur Akademik UGM, Sri Peni Wastutiningsih mengatakan jika siswa tidak memilih satu PTN di tempat asal SMA, kemungkinan akan terjadi penumpukan di suatu tempat.

“Kenapa harus milih PTN di tempat asalnya karena jika tidak nanti hanya kumpul di satu provinsi sedangkan PTN daerah tidak terpilih,” kata dia saat jumpa pers usai memberikan sosialisasi SNMPTN kepada kepala sekolah se-DIY di Grha Sabha Pramana, Selasa (27/1/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan ITF Bawuran Capai 40 Persen, Pemkab Optimis Rampung Mei 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement