Advertisement

Menag: Jangan Bicara Politik Praktis di Pondok Pesantren

Newswire
Selasa, 16 Oktober 2018 - 21:37 WIB
Nina Atmasari
Menag: Jangan Bicara Politik Praktis di Pondok Pesantren Suasana sema'an Alquran sebagai penanda dimulainya Muhajadah Akbar 10 Suro, Do'a Untuk Bangsa, dan Haul Aulia' 1440 Hijriah di Ponpes Al Munawwir, Krapyak, Selasa (18/9/2018). - Eka Ariyanti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Jelang Pemilu 2019, pembahasan tentang politik menjadi sensifit. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan sebaiknya tokoh politik menghindari pembicaraan politik praktis di lembaga pendidikan seperti pondok pesantren.

"Karena bagaimana pun juga siswa-siswi harus memiliki wawasan yang cukup mengenai politik yang luas tadi. Tapi kalau politik praktis, semestinya dihindari membicarakan politik praktis di lembaga pendidikan," kata Lukman kepada media di Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/10/2018), usai mengikuti sidang kabinet paripurna bertopik.

Advertisement

Menurut Lukman, netralitas lembaga pendidikan dan para pengajar serta siswa siswi perlu dijaga di lingkungan pendidikan.

Menteri Agama menilai pendidik perlu menghindari pembahasan mengenai partai politik tertentu dalam pengajaran.

Kendati demikian, Lukman menilai siswa siswi perlu diberikan pendidikan tentang politik dalam perspektif makro seperti politik kebangsaan dan bernegara.

"Misalnya menggunakan hak pilih itu penting, dibandingkan tidak menggunakan sama sekali. Golput itu adalah pilihan yang sama sekali tidak memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara karena proses demokrasi itu perlu ditopang dengan penggunaan hak pilih," kata Lukman menjelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement