The Gade Village Magelang, Balkondes Bantuan BUMN untuk Bantu Ekonomi Warga Desa

Menteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikan The Gade Village di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (13/9/2018). - Ist
14 September 2018 23:50 WIB Bhekti Suryani News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Menteri BUMN Rini Soemarno menandatangani prasasti The Gade Village, sebagai tanda keterlibatan sinergi BUMN dalam membantu peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dalam bentuk Bale Ekonomi Desa (Balkondes).

Rini mengatakan, Balkondes ini merupakan wujud dukungan BUMN kepada program pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, yang ditargetkan dapat menyentuh angka 20 juta orang pada 2019 mendatang.

The Gade Village ini merupakan salah satu dari 18 Balkondes yang dibangun oleh sinergi BUMN di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

"Balkondes ini merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas, yang selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan SDM yang berbasis wisata," Tutur Rini pada acara peresmian yang digelar Kamis (13/9/2018).

Acara kemudian diisi oleh beberapa tarian khas daerah yang nantinya akan menjadi salah satu kegiatan resmi di Balkondes, yaitu pertunjukan seni tari daerah sehingga bisa menarik minat wisatawan ke desa tersebut.

The Gade Village sebelumnya sudah diluncurkan oleh Pegadaian pada Senin 3 September 2018 lalu di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, yang dihadiri Direktur Utama Pegadaian (Persero) Sunarso, Direktur Utama PT Pesonna Indonesia Jaya (PIJ) Renny Soviahani, Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi, dan Lurah Desa Ngargogondo Suryono.

“Melalui keberadaan The Gade Village ini, Pegadaian dapat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat Ngargogondo baik untuk usia produktif, anak-anak sekolah hingga para lanjut usia. Karena tren desa wisata memainkan peranan penting sebagai kekuatan soft-power Indonesia, seperti halnya yang sudah dilakukan di Jepang, Belanda dan negara lainnya," kata Sunarso.

Sunarso berharap dengan adanya The Gade Village, pariwisata di sekitar candi Borobudur dapat semakin ramai dengan mengangkat kearifan lokal dan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat di sekitar.

“Sehingga diharapkan The Gade Village dapat menjadi wadah pendukung pengembangan perekonomian melalui ekplorasi seni budaya dan sektor pariwisata,” tambahnya. (*)