Advertisement

Ini Dia, Daniel Zhang si Pengganti Jack Ma

John Andhi Oktaveri
Senin, 10 September 2018 - 12:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ini Dia, Daniel Zhang si Pengganti Jack Ma Daniel Zhang - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com,JAKARTA-Daniel Zhang yang sebelumnya telah menduduki salah satu jabatan puncak di perusahaan Alibaba akan menjadi pengganti pengusaha terkaya di China Jack Ma. Hal itu diungkapkan Jack Ma sendiri.

Ma telah mempersiapkan beberapa hal selama masa transisi seperti calon penggantinya di masa mendatang. Satu tahun terhitung hari ini, (10/9) Ma akan resmi pensiun dan Daniel Zhang akan maju sebagai penggantinya.

Advertisement

Ma akan menyelesaikan masa jabatannya di dewan direksi Alibaba setelah rapat umum tahunan perusahaan pada 2020.

Dia melepaskan peran kepala eksekutif pada 2013. Sedangkan Zhang telah bekerja sejak 2015 dan menjabat sebagai Chief Operating Officer. 

Keputusan besar Ma ini diambil bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-54. Ma nantinya akan mendedikasikan lebih banyak waktu dan uang untuk membangun yayasan filantropinya yang bergerak di bidang pendidikan sebagaimana dikutip Reuters, Senin (10/9). 

Ma akan lebih fokus pada The Jack Ma Foundation yang dia dirikan empat tahun silam. 

The Jack Ma Foundation yang berdiri 2014 didedikasikan untuk meningkatkan sistem pendidikan China, khususnya di daerah pedesaan. Tahun lalu mereka menjanjikan 300 juta yuan atau setara dengan US$45 juta untuk mendanai program pelatihan guru selama satu dekade berikutnya, dengan tujuan untuk mengakhiri kemiskinan di daerah pedesaan.

"Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement