Membandingkan Gaya Jokowi Vs Prabowo Saat Mendaftar di KPU, Pakai Baju Putih hingga Makan Permen

Capres Prabowo Subianto menyapa pendukungnya seusai mendaftarkan dirinya dalam Pilpres 2019, di depan Kantor KPU Pusat, Jakarta, Jumat (10/8). Prabowo Subianto-Sandiaga Uno resmi mendaftar sebagai pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden periode 2019-2024. - Antara
11 Agustus 2018 13:37 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 telah mendaftar di KPU pusat, Jumat (10/8/2018). Pendaftaran itu diwarnai gaya yang berbeda dari masing-masing kubu. Ada yang berorasi di atas mobil menyapa pendukungnya, ada pula yang menyalami pendukungnya satu persatu.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mengikuti proses pendaftaran pada pagi hari, sementara Prabowo-Sandiaga mendatangi KPU setelah menunaikan ibadah salat jumat di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Ada beberapa tahap yang harus dilaksanakan peserta Pilpres 2019. Sesampainya di KPU yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, capres/cawapres awalnya menunggu di tempat duduk yang disediakan. Mereka ditemani para ketua parpol politik yang mengusungnya.

Setelah itu, capres/cawapres menyerahkan berkas secara simbolis kepada Ketua KPU di atas panggung, berfoto bersama parpol koalisi, dan memberikan orasi singkat kepada para pendukungnya.

Jika mengamati lebih detail, ternyata ada beberapa perbedaan gaya atau kebiasaan yang dianut oleh masing-masing pasangan capres/cawapres ketika mengikuti prosedur pendaftaran di KPU.

Perbedaan tersebut meliputi jenis mobil yang digunakan, kebiasaan saat menunggu, hingga gaya berorasi di depan simpatisan. Lantas, apa saja beda gaya Prabowo-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga?  Berikut daftarnya!

1. Baju Putih

Jika dilihat secara sekilas Jokowi, Ma'ruf, dan Prabowo memakai baju berwarna putih, namun dengan jenis yang berbeda.

Jokowi mengenakan kaos putih dengan sablonan bertuliskan ‘Bersih, Merakyat, Kerja Nyata’. Prabowo dan Ma'ruf memakai kemeja putih dan berkopiah. Sementara, Sandiaga Uno memakai baju beda warna, yaitu biru muda.

 2. Makan Permen

Perbedaaan lain terlihat saat masing-masing paslon menunggu verifikasi berkas oleh KPU. Jokowi dan Ma'ruf hanya diam saja sambil melihat sekeliling.

Adapaun, Prabowo-Sandiaga sempat menyeruput air putih dan memakan permen yang disediakan KPU. Bungkus permen rasa mint tersebut cukup unik karena bertuliskan "Pemilih Berdaulat, Negara Kuat" dan "17 April 2019 #GunakanHakPilihmu"

4. Duduk Semobil

Jokowi-Ma'ruf terlihat datang semobil ke KPU. Mereka menggunakan mobil Innova. Adapun, pasangan Prabowo-Sandi datang dengan mobil yang berbeda.

5. Orasi di Atas Mobil

Baik Jokowi maupun Prabowo sempat berorasi setelah menyerahkan dokumen kepada KPU. Bedanya, Prabowo sempat berorasi lagi di luar gedung KPU, Jl Imam Bonjol. Prabowo berorasi di depan pendukungnya menggunakan microphone sambil berdiri di atas kap mobil Lexus 570 putihnya.

Sumber : Solopos