Advertisement

Jika Hal Ini Terjadi, KPU Perlus Perpanjang Masa Pendaftaran Capres-Cawapres

Newswire
Rabu, 08 Agustus 2018 - 13:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Jika Hal Ini Terjadi, KPU Perlus Perpanjang Masa Pendaftaran Capres-Cawapres Komisi Pemilihan Umum - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Jika hingga masa akhir pendaftaran pada 10 Agustus 2018 belum ada satu pun gabungan parpol yang berhasil mencapai konsensus terkait capres-cawapres yang akan diusung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu memperpanjang masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden.

"Pernyataan KPU yang mengatakan bahwa lembaga tersebut tidak akan memberikan kesempatan perpanjangan waktu kepada partai politik dalam mendaftarkan pasangan capres dan calon cawapres perlu dikoreksi," kata pengamat politik dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Advertisement

Menurut dia, informasi yang disampaikan oleh salah seorang komisioner KPU itu jelas keliru dan bahkan sangat berbahaya jika diamini. Masa perpanjangan pendaftaran capres-cawapres wajib disediakan oleh KPU.

"Coba bayangkan, jika pada hari terakhir pendaftaran tanggal 10 Agustus nanti, misalnya, ternyata belum ada satu pun gabungan parpol yang berhasil mencapai konsensus terkait capres-cawapres yang akan diusung, terus pada tanggal 20 Oktober 2019 saat masa jabatan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) berakhir, siapa yang akan memimpin negeri ini?" kata Said.

Sebab, lanjut dia, ketika KPU mengatakan tidak ada masa perpanjangan pendaftaran dan kondisi itu benar-benar terjadi, maka pintu pertama bagi rakyat memilih calon pemimpinnya sudah digembok oleh KPU.

"Jadi gak ada lagi cerita Pilpres 2019. Sebab tidak ada capres-cawapres yang diperbolehkan mendaftar oleh KPU, lewat dari 10 Agustus 2018. Ini kan jelas tidak benar," tegas Said.

Direktur Sigma ini menyebutkan jika pada 10 Agustus nanti ternyata hanya ada satu pasangan calon yang didaftarkan, maka masa perpanjangan pendaftaran juga tetap harus disediakan oleh KPU karena konstitusi tidak membenarkan Pilpres diikuti oleh hanya satu pasangan atau paslon tunggal. Di dalam Pasal 235 ayat (4) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) telah tegas dinyatakan bahwa dalam hal hanya terdapat satu paslon yang didaftarkan, maka KPU wajib memperpanjang jadwal pendaftaran selama 14 hari.

"Kalau untuk kondisi satu paslon saja undang-undang sedemikian tegas menyuruh KPU untuk memperpanjang masa pendaftaran, maka apalagi jika pada masa pendaftaran pertama belum ada satu pun paslon yang didaftarkan oleh partai politik. Logikanya kan begitu," paparnya.

Dalam UU Pemilu, ketentuan mengenai masa pendaftaran capres-cawapres sebetulnya diatur relatif fleksibel. UU hanya menentukan waktunya paling lama delapan bulan sebelum pemungutan suara.

"Nah, kalau KPU menetapkan hari pemungutan suara jatuh pada tanggal 17 April 2019, itu artinya masa pendaftaran capres-cawapres sebetulnya masih memungkinkan untuk dibuka sampai dengan tanggal 17 Agustus 2018. Itupun untuk kondisi kondisi normal," ujarnya.

Said pun mengingatkan KPU agar tidak bersikap arogan, apalagi sampai berani melawan ketentuan undang-undang. Jadi informasi yang sesat dan menyesatkan itu tolong segera diralat.

KPU, tambah dia, seharusnya justru perlu mempersiapkan skenario lain seandainya dua keadaan tersebut benar-benar terjadi karena dalam Peraturan KPU mengenai jadwal tahapan Pemilu belum diatur mengenai alokasi waktu untuk perpanjangan masa pendaftaran Pilpres.

Namun, bila tidak terjadi persoalan itu, maka rancangan peraturan untuk merevisi jadwal pendaftaran yang perlu diperpanjang itu tetap perlu dipersiapkan oleh KPU sebagai bentuk antisipasi.

"KPU termasuk juga publik perlu memahami tingkat kesulitan yang dialami oleh partai-partai politik dalam membangun sebuah koalisi pada penyelenggaraan Pemilu serentak yang baru pertama kali akan digelar. Ini kan pengalaman baru bagi partai-partai politik. Sistemnya juga baru. Bangunan koalisi dalam sistem Pemilu yang tidak serentak jelas beda dengan koalisi yang dibangun pada sistem Pemilu serentak. Apalagi ketentuan 'presidential threshold' masih dipersyaratkan dalam pengusulan capres-cawapres," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement